Waspada Terhadap Download Accelerator Sumber Malware

Tuesday, January 20th 2015. | Tutorial

Waspada Terdahap Download Accelerator Sumber Malware

advertisement

Situs hosting file atau situs penyedian konten file untuk didownload kini kian marak saja. Berbagai cara situs-situs tersebut lakukan untuk meraup keuntungan, mulai dari space iklan, iklan pop-up hingga tawaran menginstal aplikasi. Yang akan kami bahas kali ini adalah mengenai tentang hosting file yang menawarkan penginstalan aplikasi download accelerator sebagai imbalan bagi mereka karena kita telah terbantu dengan mendapatkan file yang kita butuhkan dari situs mereka.

Situs hosting file menawarkan file yang kita butuhkan untuk didownload, sementara mereka meminta imbalan kepada kita dengan menginstal beberapa aplikasi yang notebene aplikasi tersebut sangat mengganggu kinerja komputer. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak secara langsung diinstal berbentuk file exe, layaknya aplikasi normal lain. Aplikasi ini kami sebut aplikasi malware yang dibundle kedalam aplikasi bernama Download Accelerator yang dimiliki oleh situs file hosting tersebut. Terkadang kita diberi pilihan untuk mendownload menggunakan Download Accelerator atau mendownload file yang kita butuhkan secara langsung.

Namun kenyataannya banyak situs penyedia download file yang terkesan memaksa untuk menggunakan Download Accelerator. Mau tidak mau kita harus menggunakan download accelerator untuk mendapatkannya file yang kita butuhkan. Ketika proses download file berjalan menggunakan Download Accelerator, disaat itulah aplikasi-aplikasi yang tidak kita inginkan terinstal pada komputer. Kita tidak mengetahui dan bahkan tidak menyadari hal itu terjadi, tau-tau komputer sudah penuh dengan aplikasi-aplikasi sampah yang sangat mengganggu.

Cara agar terhindar dari kejadian tersebut, hendaknya kita berhati-hati dan teliti sebelum mendownload sebuah file. Berikut ini tips aman mendownload file dari situs file hosting:

Cari Opsi Download Accelerator

Kebanyakan situs hosting file saat ini menggunakan cara memberikan penawaran mendownload menggunakan download accelerator. Dan umumnya download accelerator tersebut telah diinjek dengan aplikasi-aplikasi sampah yang sering disebut aplikasi malware yang akan mengganggu kinerja komputer kita. Maka dari itu, sebelum anda memutuskan untuk mendownload, carilah terlebih dahulu opsi penggunaan Download Accelerator. Jika ada hilangkan tanda centang pada opsi tersebut, sehingga nantinya anda akan mendownload secara langsung tanpa bantuan download accelerator. Lihat contoh pada gambar di bawah ini.

download-accelerator

Perhatikan Nama File

Pada halaman download kita akan mendapatkan informasi nama file. Jika pada proses download ditemukan file berbeda maka jangan lanjutkan. Itu tandanya anda mendownload aplikasi berbahaya bagi komputer anda. Lihat contoh gambar di bawah ini.

nama-file-asli

perhatikan-nama-file

Jangan pernah terkecoh dengan rayuan-rayuan maut dari penyedia hosting file. Bahkan kini banyak sekali aplikasi yang menawarkan kecepatan kerja komputer namun ternyata malah berefek buruk pada komputer tersendiri. Hindari mendownload file yang tidak dikenal, terlebih jika file tersebut berbentuk file program atau file exe.

Demikianlah artikel ini kami buat dengan tujuan untuk mengingatkan kembali kepada para pembaca untuk tetap berhati-hati. Karena jika aplikasi yang maksud diatas telah terinstal di dalam komputer, untuk menghapusnya cukup sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

advertisement
tags:

Komentari Waspada Terhadap Download Accelerator Sumber Malware