Spesifikasi dan Harga Nokia X Android

Friday, April 11th 2014. | Berita
Spesifikasi dan Harga Nokia X Android

Spesifikasi dan Harga Nokia X Android

advertisement

Spesifikasi dan Harga Nokia X Android,- Beberapa minggu yang lalu pasar smartphone dibuat meriah dengan hadirnya Nokia versi terbaru. Nokia yang dahulu ogah-ogahan memakai sistem operasi Android akhirnya kini luluh juga ditandai dengan diproduksinya Nokia serie X. Nokia serie X adalah smartphone besutan Nokia pertama yang memakai sistem operasi Android. Secara resmi Nokia meluncurkan produk smartphone mereka yang terbagi kepada 3 serie, Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. Ketiganya menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Adapun yang baru dipasarkan di Indonesia adalah Nokia X. Nokia X diagadang-gadang dapat bersaing dan mendongkrak penjualan perangkat smartphone Nokia di pasaran mengingat semakin besarnya animo masyarakat dunia terhadap Smartphone berbasis Android. Dengan harga yang bisa dibilang murah yaitu untuk Nokia X dibandrol dengan harga sekitar 1,6 Juta. Beberapa hal yang perlu diketahui oleh anda sebelum memilih Nokia X adalah bahwasannya Nokia melakukan kostumisasi besar-besaran pada sistem operasi Android yang dikenakan pada produk terbarunya ini. Kostumisasi yang dilakukan Nokia tersebut bagi sebagian orang dinilai mengganggu dan menimbulkan kinerja smartphone tidak maksimal tidak seperti smartphone dari vendor yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Spesifikasi dan Harga Nokia X Android, Kelebihan dan Kekurangannya

Spesifikasi dan Harga Nokia X Android

Spesifikasi dan Harga Nokia X Android

Berikut keluhan yang timbul dari beberapa pengguna Nokia X:

1. Tampilan Antarmuka terasa Asing

Tidak seperti Smartphone berbasis Android kebanyakan, Nokia X dirasa seperti bukan smartphone Android. Hal itu dikarenakan kostumisasi besar-besaran oleh Nokia untuk antarmuka Nokia X sehingga terlihat seperti Nokia Asha atau Lumia. Pengguna yang terbiasa dengan Smartphone Android harus kembali menyesuaikan diri supaya terbiasa dengan tampilan ‘aneh’ Nokia X ini. Namun ini tentunya bukanlah masalah besar, selang beberapa hari para pengguna sudah pasti bakal merasa terbiasa.

2. Menu Aplikasi Menumpuk pada Satu Halaman

Seperti halnya Lumia, Nokia X mengusung kesederhanaan pada tampilan antarmukanya. Terdiri dari dua bagian halaman, yang pertama halaman untuk menampilkan semua aplikasi, dan yang kedua halaman fastlane yang menampilkan semacam recent aplikasi atau tampilan menu berupa kegiatan yang telah dilakukan dan aplikasi yang pernah dipakai sebelumnya. Aplikasi yang diinstal secara otomatis akan ditampilkan di halaman pertama, sehingga semakin banyak apalikasi yang diinstal maka semakin banyak pula aplikasi yang muncul di tampilan utama smartphone. Namun untungnya Nokia memberikan fasilitas untuk mengorganisir aplikasi berupa folder yang dapat mengelompokkan aplikasi sesuai jenisnya, sangat membantu meminimalisir penumpukkan aplikasi pada halaman utama Nokia X.

3. Performa dinilai Kurang Baik

Nokia X dibekali RAM sebesar 512MB yang mana dengan kapasitas RAM seperti itu dirasa kurang cukup baik untuk smartphone berbasis Android. Ini dirasakan ketika Nokia X telah dijejali banyak aplikasi akan terasa agak lambat dan sedikit terasa lag.

4. Keterbatasan Konten Aplikasi

Selain melakukan perombakkan pada sisi tampilan, Nokia juga rupanya menghilangkan beberapa fitur yang dinilai penting untuk smartphone berbasis Android. Diantara konten yang tidak ada pada Nokia X tersebut adalah: Aplikasi bawaan Google seperti, Youtube, Maps, Google Play, Google Play Services. Sebagai gantinya nokia menyediakan Nokia Store sebagai pengganti Google Play. Namun sayangnya Nokia Store masih sangat minim aplikasi jika dibandingkan dengan Google Play Store. Maka hal ini mengharuskan pengguna mengunduh terlebih dahulu apk, apabila aplikasi yang diinginkan tidak ada di Nokia Store.

Selain Google Play Store, yang tidak kalah pentingnya lagi dari kekurangan Nokia X ini adalah tidak adanya fitur Google Play Services. Dengan tidak adanya fitur ini ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan secara optimal, salah satunya Path. Tidak jarang pengguna akan menemui crash aplikasi dikarenakan tidak adanya support Google Play Services.

Dari beberapa keluhan tersebut Nokia masih memiliki kelebihan yang mungkin bisa menutupi kekurangan-kekurangan yang dimilikinya, diantara kelebihan Nokia X tersebut adalah:

  • Nokia sebagai vendor Ponsel dan Smartphone terkemuka yang sudah teruji kualitas produknya.
  • Harga cukup murah.
  • Bentuk dan pilihan warna Nokia X beragam, dan sungguh menarik
  • Ponsel pertama Nokia yang bisa menggunakan aplikasi populer BBM
  • Speaker yang sangat berkualitas
  • Pengguna dapat menemukan pengalaman baru dengan sistem operasi Android uniknya

Berikut Spesifikasi lengkap Nokia X Android Terbaru:

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
  • HSDPA 900 / 2100
  • Layar LCD 4.0 inci 480 x 800 pixel (~233 ppi)
  • Nokia X Platform 1.0 (Android 4.1 Jelly Bean)
  • Prosesor Dual-core 1 GHz Cortex A5 Qualcomm Snapdragon S4 Play
  • GPU Adreno 203
  • RAM 512MB
  • Memori Internal 4 GB
  • Kamera belakang 3.15MP (2048 x 1536 piksel) fokus tetap
  • Baterai 1500 mAh

Harga Nokia X Android Terbaru Rp. 1.600.000

Demikian ulasan sekilas mengenai Spesifikasi dan Harga Nokia X Android, smartphone pertama Nokia yang berbasis Android, semoga bermanfaat.

advertisement
tags: , ,

Komentari Spesifikasi dan Harga Nokia X Android