Sejarah Tizen OS Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Friday, August 8th 2014. | Berita

Tizen OS di Samsung Z

advertisement

Sejarah Tizen OS – Jika membericarakan tentang sistem operasi pada perangkat ponsel, di pikiran kita akan langsung tertuju pada sistem operasi iOS, Android, Windows Phone, atau Blackberry OS. Bagaimana tidak, keempat sistem operasi tersebut telah malang-melintang di dunia perindustrian smartphone. Seperti kita ketahui keempat sistem operasi tersebut saling berebut tempat di posisi atas sebagai sistem operasi terbaik bagi smartphone. Namun ternyata tidak hanya keempat sistem operasi yang telah disebutkan di atas, masih ada sistem operasi smartphone lainnya yang juga telah diperkenalkan ke public, diantaranya adalah Firefox OS, Symbian dan yang paling baru adalah Tizen OS.

Sejarah Tizen OS Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sejarah Tizen OS

Sejarah Tizen OS

Tizen OS saat ini berada di bawah naungan vendor smartphone terbesar asal korea yaitu Samsung. Sejarah Tizen OS bermula dari gabungan antara Intel Mobilin dan Nokia Maemo yang diberinama sistem operasi Meego. Namun seiring berjalannya waktu, Nokia lebih memilih fokus pada pengembangan sistem operasi Windows Phone untuk perangkat smartphonenya. Kemudian mengakibatkan Nokia mundur dari proyek pengembangan sistem operasi Meego tersebut dan kemudian diganti dengan nama Tizen yang saat ini dalam proses pengembangan di bawah naungan perusahaan Samsung. Samsung sendiri yakin Tizen OS akan mampu menyaingi dominasi sistem operasi ponsel pendahulunya, akan akan mampu berkembang menjadi sistem operasi terbaik untuk smartphone.

Dalam proses pengembangannya Samsung tidak sendiri, perusahaan asal Korea Selatan ini menggandeng Linux Fondation. Tizen OS merupakan sistem operasi yang berinduk pada sistem operasi komputer Linux yang memiliki lisensi open source. Dengan sifatnya yang open source tersebut maka pengguna dimungkinkan untuk mengotak-atik sistem disesuaikan dengan kebutuhannya sendiri sebagaimana sistem operasi Android selaku pendahulunya.

Pada awal Juni 2014 tepatnya tanggal 3 Juni 2014, Samsung secara resmi memperkenalkan produk terbaru mereka yang mengusung sistem operasi Tizen di dalamnya, smartphone tersebut diberinama Samsung Z. Samsung Z yang memakai Tizen OS ini pertama kali dikenalkan pada ajang Tizen Developer Conference di Amerika Serikat tepatnya San Francisco.

Tizen OS merupakan sistem operasi yang masih berusia muda, sehingga memungkinkan di dalamnya terdapat beberapa kekurangan yang harus masih dibenahi oleh Samsung selaku pengembangnya. Berikut ini kami rangkum beberapa kelebihan Tizen OS dan Kekurangan Tizen OS:

Kelebihan Tizen OS

  • Dukungan HTML5 yang dinilai terbaik oleh para pemerhati sistem operasi Smartphone
  • Tizen OS dapat menjalankan seluruh aplikasi Android
  • Seperti halnya Android, Tizen OS dapat dikembangkan pada perangkat selain ponsel, seperti Tizen OS untuk Smart TV, Smart Camera, dan Notebook
  • Dukungan penuh pada aplikasi pihak ketiga seperti WEB (Javascript, CSS, dan HTML5) Navite (C/C++) dan Hybrid (Native dan WEB)
  • Didukung oleh vendor terkemuka dan terbesar Samsung, sehingga dapat dilakukan pengembangan yang lebih serius

Kekurangan Tizen OS

  • Samsung masih memprioritaskan Sistem Operasi Android, sehingga Tizen OS masih dijadikan ‘anak tiri’ oleh Samsung
  • Masih diperlukan pengenalan terhadap publik, karena Tizen OS sangatlah baru untuk sebuah sistem operasi
  • Tizen OS masih harus mencari identitasnya sehingga dapat berbeda dengan sistem operasi yang sudah ada, dan memiliki keunggulan yang lebih banyak

Sejarah Tizen OS – Mungkinkah Tizen OS dapat bersaing dengan sistem operasi yang sudah terkenal seperti iOS, Android, Windows Phone atau bahkan Blackberry OS? Mari kita tunggu inovasi-inovasi yang bakal disuguhkan oleh Samsung pada perangkat smartphone dan sistem operasi terbarunya ini.

advertisement

Komentari Sejarah Tizen OS Serta Kelebihan dan Kekurangannya