Perbedaan HUB dan Switch Pada Jaringan Komputer

Saturday, December 20th 2014. | Perbedaan
Perbedaan HUB dan Switch

Perbedaan HUB dan Switch Pada Jaringan Komputer

advertisement

Perbedaan HUB dan Switch – Sering kali kita dibuat bingung dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai perbedaan anatara HUB dan Switch. Secara umum peruntukkan kedua perangkat tersebut memang sama, namun terdapat beberapa perbedaan terutama dalam hal kinerja. Kebingungan tersebut hingga menimbulkan asumsi yang keliru, ada yang menyebut Switch dan HUB itu merupakan satu kesatuan perangkat. Oleh karena kami akan menjelaskan perbedaan mendasar antara HUB dan Switch pada artikel kali ini.

Perbedaan HUB dan Switch

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan HUB dan Switch kami sarankan untuk terlebih dahulu membaca artikel kami mengenai pengertian HUB dan pengertian Switch. Setelah membaca kedua artikel tadi diharapkan bisa ada sedikit bayang-bayang untuk membedakan kedua perangkat jaringan tersebut. Setelah itu akan menjelaskan secara rinci apa saja yang menjadi perbedaan HUB dan Switch. Setidaknya terdapat 8 perbedaan HUB dan Switch yang diketahui hingga saat ini. Perbedaan-perbedaan ini mungkin akan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi kedua perangkat tersebut. Berikut ini kami uraikan perbedaan HUB dan Switch.

1. Collision Control

Collision Control merupakan fitur pengontrol transmisi data sehingga tidak terjadi tabrakan data. Pada HUB fitur ini terpusat untuk semua port yang terdapat pada HUB. Sedangkan pada Switch pengaturan ini terdapat pada masing-masing port-nya, sehingga data yang melaluinya akan lebih aman.

2. OSI Layer

Perbedaan HUB dan Switch kedua pada penggunan OSI Layer. HUB bekerja pada OSI layer pertama, sedangkan Switch bekerja pada OSI Layer kedua, yaitu Data Link.

3. Cara Kerja

HUB bekerja hanya untuk menerima dan mengirimkan sinyal dari unit komputer kepada komputer lainnya melalui kabel yang terhubung. Sedangkan kerja Switch lebih rumit lagi, tidak hanya menerima dan mengirimkan sinyal, switch juga melakukan pengecekkan informasi berupa mac Address komputer sumber dan komputer tujuan, proses pengecekkan ini bertujuan supaya data yang melaluinya valid dan tepat sasaran.

4. Tingkat Kehandalan

Cara kerja HUB lebih simpel daripada Switch, perbedaan ini menyebabkan Switch bekerja lebih handal daripada HUB.

5. Pengaruh Kecepatan Transfer Data

HUB bekerja menerima sinyal dari unit komputer dan meregenerasi sinyal tersebut kemudian menyebarkannya ke seluruh unit komputer yang terhubung. Maka banyaknya komputer yang terhubung ke HUB akan mempengaruhi kecepatan transfer data. Sedangkan Switch tidak demikian, Switch hanya menyebarkan data ke unit komputer yang telah ditentukan melalui port yang telah diatur, Maka berapapun banyaknya port yang menghubungkan komputer tidak akan mempengaruhi pada kecepatan transfer data.

6. Konfigurasi Port

Hub sama sekali tidak memiliki fitur untuk melakukan konfigurasi pada masing-masing port-nya. Sedangkan Switch terdapat dua pilihan ada yang portnya bisa dikonfigurasi (Manageable) ada yang tidak (Unmanageable).

7. Sistem Keamanan

Sudah jelas pada segi keamanan data yang melalui Switch lebih aman ketimbang data yang dilewatkan melalui HUB. Data yang melalui switch akan disampaikan hanya kepada komputer yang telah ditentukan, sedangkan pada HUB data bisa diakses oleh siapa saja termasuk komputer yang tidak membutuhkan data tersebut.

8. Perbedaan Harga

Dari semua perbedaan di atas, dapat disimpulkan bahwa Switch lebih unggul di semua poin ketimbang HUB. Pada poin terahir ini HUB jelas lebih unggul dalam segi harga ketimabng Switch. HUB lebih murah namun dengan konsekuensi fitur tidak sehebat Switch.

Perbedaan HUB dan Switch Pada Jaringan Komputer

Demikianlah 8 faktor yang menjadi perbedaan HUB dan Switch, setelah mengetahui letak perbedaan HUB dan Switch kedepannya kita bisa menentukan perangkat mana yang seharusnya digunakan. Tentu saja tidak selamanya Switch menjadi pilihan yang tepat, meskipun secara keseluruhan Switch lebih handal dibanding HUB. Jika hanya untuk menghubungkan beberapa komputer saja yang sifatnya tidak memerlukan segi keamanan tinggi, maka gunakanlah HUB. Contohnya seperti di Warnet, Perkantoran, Jaringan Komputer rumah. Penggunaan Switch sangat dianjurkan pada sebuah Instansi Pemerintah, Perkantoran yang besar, penyedia layanan internet, dan lain sebagainya.

advertisement
tags: ,

Komentari Perbedaan HUB dan Switch Pada Jaringan Komputer