Pengertian Worm dan Cara Kerja Worm Komputer

Sunday, March 15th 2015. | Kamus Populer
Pengertian Worm

Pengertian Worm dan Cara Kerja Worm Komputer

advertisement

Pengertian Worm – Setelah sebelumnya kami membahas tentang pengertian malware dan beberapa jenis malware yang juga kami bahas pada artikel pengertian virus, dan pengertian adware, kini giliran kami membahas jenis lain dari malware yaitu worm. Worm pada dasarnya adalah sama dengan virus dan adware, kesamaan ini terletak pada sama-sama bagian dari program malware yang dapat merugikan si pengguna yang komputernya terjangkit oleh program tersebut.

Namun ketiga program berbahaya yang kami sebutkan di atas tidaklah sama secara menyeluruh, kita tidak bisa menyebut virus adalah juga worm, atau virus adalah juga adware dan sebaliknya. Ketiganya dibedakan menurut efek yang ditimbulkan dan kemampuan yang bisa dilakukan oleh masing-masing program tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita urai mengenai pengertian worm berikut ini.

Pengertian Worm

Istilah worm diambil dari bahasa inggris yang berarti cacing, dalam hal ini kita lebih tepat menyebutnya sebagai cacing komputer. Penamaan worm atau cacing untuk program ini memang merujuk kepada kemampuannya untuk mengganggu sistem komputer. Adapun pengertian worm adalah sebuah program yang mempunyai ukuran kecil yang mampu untuk berjalam pada sebuah sistem operasi komputer ataupun sistem jaringan komputer, program worm mempunyai kemampuan untuk mengembangbiakan dirinya sendiri pada kedua sistem tersebut.

Efek yang Ditimbulkan oleh Worm

Efek dari worm pada sistem operasi akan membuat komputer terasa lambat karena dianggap komputer sedang melakukan aktivitas berat, juga pada sistem jaringan komputer maka akan terasa konektivitas jaringan lelet atau lambat karena worm bekerja memenuhi akses jaringan tersebut.

Cara Kerja Worm Komputer

Berbeda halnya dengan virus, worm tidak memiliki kemampuan merusak sistem, worm tidak bisa merusak data atau file sistem. Worm bertingkah hanya sebagai parasit yang tidak secara langsung merusak sistem komputer. Namun jika worm dibiarkan maka lambat-laun komputer pun akan mengalami penurunan dalam hal kinerja, bahkan karena terus menerus memaksa komputer untuk bekerja ekstra, maka komputer pun akan mengalami kerusakan.

Worm juga berbeda dengan virus dalam hal cara penyebaran atau cara menginpeksi korbannya. Jik virus biasanya memanfaatkan program lain dengan menyisipkan dirinya sendiri pada program tersebut, maka worm tidak perlu bantuan program lain untuk menyusup ke sebuah sistem. Dan virus butuh campur tangan user untuk menulari sebuah sistem dengan cara user menjalankan program yang telah terjangkit virus, sedangkan worm sama sekali tidak butuh campur tangan manusia. Worm memanfaatkan jaringan komputer untuk menyusup ke komputer lain yang terhubung pada jaringan tersebut. Pertama kali worm menyusup ke sebuah sistem adalah dengan memanfaatkan celah keamanan atau lebih populer dengan nama vulnerability.

Cara Mencegah Worm dan Menghilangkan Worm pada Komputer

Satu-satunya cara untuk mencegah worm masuk ke sistem komputer adalah dengan selalu mengupdate sistem operasi komputer. Mengupdate sistem operasi dapat menutup celah keamanan yang sebelumnya terbuka dan kini telah diperbaiki oleh pengembang sistem operasi tersebut.

Adapun jika komputer telah terjangkit program worm maka yang perlu kita lakukan adalah memindainya dengan menggunakan anti-virus yang telah mampu untuk mendeteksi keberadaan worm. Kebanyakan anti-virus saat ini telah mendukung pembasmian worm, contoh Anti Virus yang bisa menghilangkan worm diantaranya: AVG, Avira, Kaspersky, Symantec dan masih banyak yang lainnya.

Contoh Worm Komputer

Ada beberapa program worm yang telah diketahui dan cukup populer, diantaranya adalah:

  • ADMw0rm
  • Code Red
  • LoveLetter
  • Nimda
  • SQL-Slammer

Pengertian Worm dan Cara Kerja Worm Komputer

Itu adalah yang bisa kami berikan untuk pengertian worm dan segala macam pengetahuan yang berhubungan dengan worm komputer. Dari artikel pengertian worm ini diharapkan para pembaca menjadi faham tentang salah salah satu program berbahaya bagi komputer. Lebih jauh lagi pembaca mampu untuk menghindari penyebaran worm sekaligus mampu untuk membasmi keberadaan worm pada sistem komputer.

advertisement
tags: , ,

Komentari Pengertian Worm dan Cara Kerja Worm Komputer