Pengertian Software Sejarah Software dan Jenis Software

Thursday, January 22nd 2015. | Kamus Populer
Pengertian Software

Pengertian Software, Sejarah Software, dan Jenis Software

advertisement

Pengertian Software – Komputer merupakan sebuah alat elektronik canggih yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk membantu dan mempermudah manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sebuah komputer bisa berjalan dan bermanfaat bagi manusia apabila komputer tersebut terbangun dari beberapa komponen penting, secara garis besar komponen pada komputer terdiri dari 2 macam, yaitu komponen perangkat keras atau hardware dan komponen perangkat lunak atau software. Untuk pengertian hardware telah kami bahas pada artikel sebelumnya (baca: pengertian hardware), sedangkan untuk pengertian software atau perangkat lunak akan kami bahas pada artikel ini.

Pengertian Software

Ada beberapa pengertian software yang kami dapatkan dari sumber berbeda. Di dalam artikel ini kami akan menyajikan pengertian software menurut dua sumber, yang pertama pengertian software menurut penulis di wikipedia, dan pengertian software menurut buku Rekayasa Perangkat Lunak.

Menurut id.wikipedia.org, pengertian software adalah bagian dari sebuah sistem komputer yang tidak memiliki wujud secara fisik, software atau perangkat lunak merupakan istilah umum untuk sebuah data yang diformat dan disimpan dalam bentuk digital, didalamnya termasuk program komputer, dokumentasi, serta berbagai informasi yang dapat dibaca dan ditulis oleh komputer.

Menurut buku Rekayasa Perangkat Lunak, pengertian software adalah instruksi langsung kepada komputer untuk melakukan pekerjaan dan dapat ditemukan pada setiap aspek kehidupan modern dari mulai aplikasi kritis yang menyangkut kehidupan, seperti software pemantau medis dan pembangkit energi listrik hingga program untuk hiburan, seperti game dan video.

Pada sebuah software terdapat jutaan baris kode yang dibuat oleh manusia, baris-baris kode yang tersusun tersebut menjadi jembatan penghubung antara manusia dengan komputer untuk melakukan interaksi secara langsung. Software yang baik mempunyai tingkat keandalan yang tinggi dan harus dihasilkan secara ekonomis.

Sejarah Software

Perkembangan perangkat lunak tidak terlepas dari industri perangkat lunak itu sendiri. Industri perangkat lunak mulai berkembang pada tahun 1950. Perkembangan software atau perangkat lunak tidak semulus yang kita bayangkan, industri-industri perangkat lunak saat itu pada awal perkembangannya banyak menemui permasalahan. Perkembangan software atau perangkat lunak dapat dikelompokkan menjadi era, yaitu:

Era Pemula

Sejarah software mencatat bahwasannya pada era pemula ini software merupakan sambungan-sambungan kabel ke antarbagian dalam komputer. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, yaitu berupa program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu. Ciri khas software dari era ini adalah software dibuat menyatu dengan perangkat kerasnya. Proses yang dilakukan software pada komputer yaitu berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan.

Era Stabil

Penggunaan komputer semakin populer pada era ini, tidak hanya kaum akademis dan peneliti tetapi sudah digunakan untuk kebutuhan pada sebuah industri. Perusahaan software pun mulai banyak bermunculan, dan pada era ini software telah mengalami kemajuan yaitu telah mampu menjalankan beberapa fungsi. Baris perintah software mampu dikerjakan secara bersamaan oleh komputer, sehingga software pada saat itu telah menjadi sebuah produk. Pada era stabil, software telah mengenal sistem basis data.

Era Mikro

Seiring dengan perkembangan penggunaan komputer berbasis PC dan jaringan komputer di era ini, software juga ikut mengalami perkembangan guna memenuhi kebutuhan perseorangan. Pada era ini software mulai dibagi kepada dua macam, yaitu software yang bekerja sebagai sistem dan software yang dapat digunakan secara langsung oleh pengguna untuk suatu kebutuhan tertentu.

Era Modern

Era moden merupakan era software yang kita alami saat ini, dimana software telah dapat digunakan dalam banyak media perangkat keras. Tidak hanya unit komputer, software pun kini telah banyak digunakan dalam perangkat mobile, TV, AC, Mesin Cuci, hingga Oven. Yang lebih hebatnya lagi semua perangkat tersebut kini mulai memliki kemampuan untuk saling terhubung. Contohnya kita bisa mengontrol mesin cuci menggunakan smartphone, atau mengontrol TV dengan smartphone dan lain sebagainya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software kini meningkat dengan pesat.

Jenis-Jenis Software

  1. Software Aplikasi
  2. Software Sistem Operasi
  3. Software Pengendali Perangkat Keras (Driver)
  4. Software Firmware

Masing-masing dari keempat macam pembagian software di atas akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Pengertian Software Sejarah Software dan Jenis Software

Demikianlah ulasan untuk pengertian software, sejarah software dan pembagian software. Semoga dengan adanya artikel ini kita semakin faham terhadap istilah-istilah yang berkaitan dengan komputer. Melalui artikel pengertian software ini mudah-mudahan mampu memicu semangat kita untuk terus menggali dan belajar keilmuan tentang komputer dan software.

Pengertian Software

advertisement
tags: ,

Komentari Pengertian Software Sejarah Software dan Jenis Software