Pengertian Ping serta Fungsi dan Kegunaan Ping

Saturday, January 3rd 2015. | Kamus Populer
Pengertian Ping

Pengertian Ping serta Fungsi dan Kegunaan Ping

advertisement

Pengertian Ping – Terdapat banyak fitur dalam komputer dan jaringan komputer yang mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahuinya. Yang padahal fitur-fitur tersebut akan sangat membantu kita dalam menyelesaikan setiap tugas. Salah satu fitur tersebut adalah fitur Ping. Ping merupakan fitur yang dapat membantu kita mengetahui status jaringan komputer. Untuk lebih jauh mengenai fitur ping di dalam komputer akan kami bahas secara lengkap pada artikel ini yang meliputi pengertian ping, sejarah ping, dan fungsi dan kegunaan ping.

Pengertian Ping

Pengertian Ping adalah salah satu program utilitas yang terdapat pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekkan status komputer host tertentu yang berada pada jaringan yang berbasis teknologi internet atau TCP/IP. Dengan menggunakan program ping maka kita dapat mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lainnya atau dengan komputer yang akan kita akses. Status terhubung atau tidaknya suatu komputer diketahui setelah si pengguna menjalankan program ping yaitu dengan mengirimkan sebuah paket ke komputer tujuan yang berupa IP Address atau hostname, apabila komputer yang dituju tersebut dapat memberikan balasan paket maka dapat dipastikan bahwa komputer tersebut terhubung dengan komputer yang kita gunakan.

Sejarah Ping

Program utilitas ping pertama kali diperkenalkan oleh Mike Muuss, pada bulan Desember 1983 beliau menyelesaikan program ini yang dibuat untuk mencari sumber permasalahan dalam sebuah jaringan komputer. Program utilitas ping ini dibuat terinspirasi dari teknologi sonar pada kapal selam, dimana kapal selam mampu untuk mengirimkan sinyal suara dan pantualan sinyal suara tersebut dapat diterima kembali olehnya, maka diketahuilah letak beradaan benda-bedan yang berada di sekitar kapal selam.

Fungsi dan Kegunaan Ping

Fungsi dan Kegunaan Ping terdiri dari beberapa poin penting. Dimana masing-masing fungsi tersebut akan sangat membantu pengguna dalam pengoperasian komputer yang terhubung dengan suatu jaringan komputer. Berikut ini poin-poin mengenai fungsi dan kegunaan ping tersebut:

  1. Fungsi ping dapat digunakan untuk mengetahui kondisi komputer target, apakah komputer tersebut hidup atau mati.
  2. Fungsi Ping untuk mengetahui kualitas jaringan. Ping terdiri dari 2 proses, yang pertama pengiriman paket ke komputer target, jika paket yang dikirim bisa sampai ke komputer target maka dia akan mengirimkan kembali paket tersebut ke komputer kita. Proses ini membutuhkan waktu, biasanya dalam hitungan millisecond (ms). Semakin kecil ms yang didapat maka semakin baik jaringan tersebut, hal itu berarti waktu tempuh dalam mengirim dan menerima paket semakin cepat.
  3. Fungsi Ping untuk mengetahui ketersediaan jaringan. Ping juga dapat digunakan untuk melihat ketersediaan jaringan, terutama untuk memastikan apakah server, router, atau mesin gateway berjalan dengan baik atau tidak. Selain itu melalui program ping dapat diketahui kondisi infrastruktur, seperti kondisi kabel, lan card dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian Ping serta fungsi dan kegunaan ping. Sebetulnya masih banyak yang harus kami sampaikan mengenai pembahasan program ping, berhubung artikel ini terlalu panjang, maka untuk pembahasan selanjutnya akan kami bahas pada artikel Cara Menggunakan Ping dan Macam-Macam Laporan Ping.

advertisement
tags: , ,

Komentari Pengertian Ping serta Fungsi dan Kegunaan Ping