Pengertian PHP Sejarah PHP dan Kelebihan PHP

Thursday, February 5th 2015. | Kamus Populer
Pengertian PHP

Pengertian PHP Sejarah PHP dan Kelebihan PHP

advertisement

Pengertian PHP – Informasi kini semakin mudah untuk kita dapatkan, dengan tidak mengenal waktu dan ruang, ketika kita butuh sebuah informasi pada saat itu lah kita bisa langsung mendapatkannya. Ada sebuah teknologi yang mendukung pada mudahnya kita mendapatkan informasi tersebut, yaitu berkat adanya teknologi internet. Seperti yang telah kita ketahuai bahwasannya sebuah informasi yang didapat dari jaringan internet sebetulnya terbentuk dari beberapa teknologi yang begitu kompleks. Sebut saja, jaringan internet, aplikasi browser, web server, website, bahasa pemrograman untuk membuat website, dan masih banyak lagi teknologi lainnya yang jika dikupas tidak akan selesai dalam satu artikel. Pada beberapa kesempatan yang lalu kami telah membahas beberapa bagian tersebut.

Dan untuk kali ini kami akan membahas tentang salah satu teknologi atau lebih tepatnya disebut program yang mendukung terbentuknya sebuah website, dia adalah PHP. Mungkin ada sebagian dari para pembaca yang sudah lebih dahulu mengenal apa itu PHP. Untuk lebih menyempurnakan lagi pengetahuan kita tentang PHP, kami akan membahas seluk-beluk PHP pada artikel ini, yaitu mencakup pengertian PHP dan Sejarah PHP.

Pengertian PHP

PHP adalah kependekan dari PHP: Hypertext Preprocessor. Sedangkan pengertian PHP adalah bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source. PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting). PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman website yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru atau up to date. Semua script PHP dieksekusi pada server di mana script tersebut dijalankan.

Sejarah PHP

PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf, yang diberinama FI (FOrm Interpreted) dan digunakan untuk mengelola form dari Web, pada tahun 1995. Pada perkembangannya, kode tersebut dirilis ke umum sehingga mulai banyak dikembangkan oleh programmer di seluruh dunia.

Pada tahun 1997 PHP 2.0 dirilis. Pada versi ini sudah terintegrasi dengan bahasa pemrograman C dan dilengkapi dengan modulnya sehingga kualitas kerja PHP meningkat secara signifikan. Pada tahun ini pula sebuah perusahaan yang bernama Zend merilis ulang PHP dengan lebih bersih, baik, dan lebih cepat. Lalu pada tahun 1998 PHP 3.0 diluncurkan.

Kemudian pada tahun 1999 PHP versi 4.0 dirilis. PHP versi ini paling banyak digunakan pada awal abad ke 21 karena suah mampu membangun web komplek dengan stabilitas kecepaan yang tinggi.

Lalu pada tahun 2004 Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Kini PHP sudah ada pada versi 6, pada versi ini PHP sudah support untuk Unicode. Jua banyak fitur penting lainnya yang telah ditambahkan ke dalam PHP 6, antara lain:

  • Support Unicode, dukungan terhadap penggunaan Unicode telah ditambahkan, sehingga lebih mudah untuk membangun dan memelihara aplikasi.
  • Perbaikan keamanan.
  • Fitur dan konstruksi baru, sejumlah fitur sintaks baru ditambahkan, seperti 64-bit integer type, memabngun perulangan untuk array multidimensi, serta dukungan untuk labeled breaks.

Kelebihan PHP

  1. PHP lebih mudah untuk dikembangkan karena banyak sekalis forum atau milis yang secara khusus membahas tentang bahasa pemrograman ini.
  2. PHP lebih mudah untuk difahami, pada sebagian sintak-sintak programnya menggunakan bahasa inggris.
  3. PHP adalah basa pemrograman yang bersifat open source dan multi platform. Ini berari PHP bisa dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Unix, Linux, Macintosh dll.
  4. Web server yang mendukung PHP mudah ditemukan.

Pengertian PHP Sejarah PHP dan Kelebihan PHP

Untuk materi pengertian PHP dan Sejarah PHP kami rasa sudah cukup sampai di sini. Kami akan terus membahas lebih jauh lagi tentang bahasa pemrograman PHP pada artikel-artikel berikutnya. Oleh karena itu tetap ikuti perkembangan website kami dengan mengikuti fanpage kami di facebook.

advertisement
tags: , ,

Komentari Pengertian PHP Sejarah PHP dan Kelebihan PHP