Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli Informatika

Friday, February 13th 2015. | Kamus Populer
Pengertian Multimedia

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli Informatika

advertisement

Pengertian Multimedia – Istilah multimedia adalah salah satu istilah di dalam teknologi informatika yang sudah sering kita dengar dan kita ungkapkan. Namun apakah kita benar-benar faham dengan pengertian multimedia itu sendiri? Supaya kita tidak terjerumus kedalam kesalahan dalam memahami istilah multimedia, pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai pengertian multimedia.

Pengertian Multimedia

Apabila kita bongkar istilah multimedia dari segi bahasa, kita akan menemukan dua kata yang menyusun istilah ini. Yaitu multi dan media. Secara harfiah multi berarti jamak atau lebih dari satu, sedangkan media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti sarana, alat, atau wadah. Jika kita artikan istilah multimedia dengan merujuk kepada dua kata yang membangunnya maka didapat pengertian gabungan beberapa komponen hingga menjadi sebuah informasi secara utuh yang terangkum di dalam suatu bentuk tertentu.

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli Informatika

Di atas adalah pengertian multimedia secara harfiah atau bahasa, untuk lebih jelas mengenai pengertian multimedia kami akan menampilkan beberapa definisi yang telah ungkapkan oleh para ahli di bidangnya tentang multimedia ini. Berikut ini pengertian multimedia menurut para ahli informatika.

Pengertian Multimedia Menurut Hofstetter

Definisi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan sebuah informasi yang berupa gabungan antara teks, audio, video dan grafik sehingga si pengguna tersebut bisa berinteraksi, bernavigasi, berkomunikasi, dan berkreasi dengan komputer.

Pengertian Multimedia Menurut Steinmetz

Definisi Multimedia adalah hasil dari gabungan yang minimalnya terdiri dari sebuah media kontinu dan sebuah media diskrit. Media kontinu adalah media yang validitas datanya tergantung pada kondisi waktu, yaitu berupa suara dan video. Media Diskrit adalah media yang validitas datanya tidak tergantung kepada kondisi waktu,yaitu berupa teks dan grafik.

Pengertian Multimedia Menurut Vaughan

Definisi Multimedia adalah kombinasi antara teks, gambar, animasi, suara, dan video yang dikirim ke pengguna melalui sebuah komputer ataupun sebuah alat elektronik lain dengan teknik manipulasi digital.

Manfaat Multimedia

Dengan adanya multimedia maka sebuah informasi bisa disajikan dalam bentuk yang lebih menarik dan sekaligus dapat mempermudah pengguna dalam memahami informasi tersebut. Terdapat sebuah penelitian tentang multimedia yang telah dilakukan oleh Computer Technology Research, hasilnya adalah seseorang hanya dapat menangkap 20% informasi dari apa yang dia lihat, dan 30% dari apa yang mereka dengar. Lalu jika informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk multimedia maka seseorang akan menangkap informasi tersebut sebanyak 50% hingga 80% setelah pada waktu yang sama dia melihat, mendengar, sekaligus berinteraksi. Berikut ini kami tampilkan manfaat lain daripada multimedia:

  • Dapat meningkatkan aliran gagasan sebuah informasi
  • Merupakan salah satu cara yang kaya untuk menyampaikan sesuatu
  • Mendorong pengguna untuk terlibat dan mengeksplorasi informasi tersebut
  • Menstimulasi seluruh alat indra
  • Memudahkan pengguna awam dalam penggunaan
  • Dapat menarik pengguna untuk memperlajari lebih jauh tentang informasi yang disampaikan

Elemen Multimedia

Seperti yang telah diungkapkan dalam pengertian multimedia oleh beberapa ahli di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat sedikitnya 5 elemen penting yang harus ada di dalam sebuah multimedia. Kelima elemen tersebut adalah:

  1. Teks: Teks adalah elemen dasar dalam penyampain sebuah informasi, dan tentu saja elemen ini harus ada di dalam multimedia.
  2. Grafik: Informasi akan lebih menarik jika diilustrasikan dalam bentuk gambar atau grafik, teks akan semakin kuat posisinya dengan keberadaan grafik ini.
  3. Audio: Keutuhan sebuah multimedia tergantung oleh ada atau tidanya audio di dalamnya. Audio tersebut bisa berbentuk musik, percakapan atau efek suara.
  4. Video: Dengan adanya video informasi menjadi lebih hidup dan jauh lebih menarik. Video dapat mewakili informasi yang tidak dapat ditampilkan dalam bentuk teks maupun gambar.
  5. Animasi: Animasi merupakan elemen terakhir yang harus ada di dalam sebuah multimedia. Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer.

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli Informatika

Demikianlah pembahasan untuk kali ini tentang pengertian multimedia yang dilengkapi dengan pembahasan manfaat multimedia dan elemen-elemen yang membangun sebuah multimedia. Dari informasi tentang pengertian multimedia ini diharapkan seluruh pembaca bisa lebih mengerti dan faham tentang seluk beluk multimedia. Jadi kini kita bisa lebih percaya diri untuk mengungkapkan istilah ini dihadapan siapapun.

advertisement
tags: ,

Komentari Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli Informatika