Pengertian Malware Program Jahat pada Komputer

Saturday, March 14th 2015. | Kamus Populer
Pengertian Malware

Pengertian Malware Program Jahat pada Komputer

advertisement

Pengertian Malware – Berbicara tentang komputer maka erat kaitannya dengan aplikasi berbahaya yang selalu menghantui setiap penggunanya. Ada beberapa jenis aplikasi berbahaya dan mengganggu yang dikategorikan berdasarkan kemampuannya masing-masing. Diantarnya ada yang dinamakan virus komputer, worm, malware, adware dan lain-lain. Yang ingin kami bahas pada artikel kali ini adalah tentang malware. Kami yakin para pembaca sudah pernah mendengar dengan istilah ini, namun mungkin masih gamang dalam mendefinisikan istilah malware tersebut. Untuk itu kami akan mengulas secara menyeluruh tentang pengertian malware dan seluk beluk mengenai malware.

Di dalam artikel ini kami akan membahas beberapa poin, diantaranya pengertian malware, siapa pembuat malware, tujuan pembuatan malware, serta bagaimana cara kita untuk terhindar dari program malware serta apabila komputer telah terjangkit malware langkah bagaimana yang harus kita lakukan untuk memusnahkannya.

Pengertian Malware

Malware merupakan istilah yang diambil dari bahasa inggris yang tersusun dari 2 kata yaitu malicious dan software. Secara bahasa yang menyusunnya maka malware dapat diartikan sebagai perangkat lunak jahat. Sedangkan untuk definisi yang lebih luas kami mengambil dari beberapa sumber. Dan berikut ini pengertian malware yang telah kami rangkum.

Pengertian Malware Menurut SANS Securing the Human

Pengertian Malware adalah sebuah perangkat lunak atau sebuah program komputer yang dibuat dengan tujuan untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan si pengguna komputer.

Pengertian Malware Menurut Wikipedia

Pengertian Malware adalah perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan penyusupan dengan tujuan untuk merusak sistem komputer.

Pengertian Malware Menurut Microsoft

Pengertian Malware adalah istilah yang merujuk kepada sebuah perangkat lunak yang dapat membahayakan sistem komputer karena dirancang khusus untuk merusak atau melakukan tindakan yang tidak diinginkan pada suatu sistem komputer.

Merujuk pada pengertian di atas bahwasannya malware adalah sebutan untuk setiap program jahat pada komputer. Maka jika kita pernah mendengar Worm, Tojan, Virus, Spyware, Adware, Rootkit, Bots, Backdor, Exploit dan lainnya adalah masuk ke dalam kategori malware. Karena semua program tersebut mempunyai sifat yang sama yaitu terdapat kode jahat di dalamnya. Namun masing-masing dari program jahat yang tadi kami sebutkan dibedakan menurut kemampuan dan tujuan dari program tersebut.

Ketika malware telah menjangkit ke sebuah komputer maka pelaku pembuat malware sangat berpotensi untuk mengendalikan komputer korban. Yang kita tahu adalah malware hanya bisa masuk ke komputer yang bersistem operasi Windows. Anggapan tersebut keliru, karena malware bisa menjangkiti komputer yang bersistem operasi apa saja termasuk smartphone dan tablet. Berhubung windows masih merajai untuk sistem operasi komputer, tentu komputer Windows menjadi sasaran utama para pembuat malware.

Siapa Pembuat Malware

Malware tidak dibuat oleh orang sembarangan, mereka adalah yang mempunyai kemampuan khusus untuk membuat sebuah perangkat lunak canggih. Orang yang membuat malware bisa saja disebut sebagai seorang kriminial cyber, karena dengan perangkat lunaknya tersebut mampu untuk mendapatkan informasi pribadi dan rahasia dari komputer korban.

Tujuan Pembuatan Malware

Seperti yang telah disinggu di atas, malware mempunyai kemampuan untuk mencuri informasi pribadi dan rahasia si pengguna komputer. Maka dari itu malware kini banyak digunakan untuk mendapatkan informasi serta menyerang, yang akibatnya dapat menguntungkan si pembuat malware dan merugikan si yang terkena malware. Beberapa hal yang bisa dilukan oleh si pelaku dengan program malwarenya adalah: mencuri informasi rahasia seperti username dan password, mengirimkan email sampah, dapat melakukan serangan Denia of Service, dan pencurian data pribadi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemerasan.

Cara Menghapus Malware dan Melindungi Komputer dari Malware

Cara umum yang digunakan untuk melindungi komputer dari serangan malware adalah dengan memasang software Anti-Virus dan Anti-Malware pada sistem komputer kita. Sebagian besar Anti-Virus populer sudah mampu untuk mengenali setiap program yang mengandung malware di dalamnya. Maka sebelum malware tersebut menyebar di komputer, Anti-Virus dan Anti-Malware sudah lebih dahulu memberitahukannya kepada kita untuk menghapus program tersebut. Pelaku pembuat Malware tidak pernah tinggal diam, mereka selalu berinovasi agar program malware mereka tidak terditeksi oleh Anti-Virus, oleh karena itu sudah menjadi keharusan bagi pengguna komputer untuk selalu mengupdate Anti-Virusnya.

Langkah lain agar kita terhindar dari serangan malware adalah dengan cara berhati-hati saat setiap kali akan menginstal sebuah aplikasi. Hindari penggunaan aplikasi yang berbau ilegal karena biasanya aplikasi tersebut telah ditambahkan program malware.

Jika kita mencurigai malware telah menjangkit di sistem komputer, langkah yang dilakukan adalah dengan membersihkannya menggunakan Anti-Malware. Anda bisa mendapatkan banyak Anti-Malware yang bertebaran di internet. Contohnya seperti: Malwarebytes Anti-Malware, Emsisoft Anti-Malware, HitmanPro, AVG | Malware Removal Tools dan masih banyak yang lainnya.

Pengertian Malware Program Jahat pada Komputer

Demiakianlah yang bisa kami sampaikan untuk pengertian malware dan beberapa hal yang berkaitan dengan malware. Semoga dengan adanya informasi ini para pembaca semakin faham tentang istilah malware. Dan lebih jauh lagi bisa berhati-hati pada program malware serta bisa memperbaiki komputer yang terjangkiti oleh program jahat atau malware.

advertisement
tags: ,

Komentari Pengertian Malware Program Jahat pada Komputer