Pengertian Jaringan GSM dan Jenis Alokasi Frequensi GSM

Wednesday, February 4th 2015. | Kamus Populer
Pengertian Jaringan GSM

Pengertian Jaringan GSM dan Pembagian Alokasi Frekuensi GSM

advertisement

Pengertian Jaringan GSM – Teknologi jaringan seluler terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Perkembangan teknologi jaringan seluler ini terbagi menjadi 4 generasi. Salah satunya adalah jaringan GSM yang masuk ke dalam kategori teknologi jaringan seluler generasi kedua (2G). Di dalam artikel ini kami akan membahas pengertian jaringan GSM dan seluk-beluk jaringan GSM.

Pengertian Jaringan GSM

GSM adalah singkatan dari Global System for Mobile Communication, pada mulanya GSM merupakan singkatan dari Groupe Special Mobile. Pengertian Jaringan GSM adalah sebuah teknologi seluler yang bersifat digital, teknologi jaringan GSM lebih banyak diterapkan pada perangkat yang bersifat bergerak seperti telepon genggam. Jaringan GSM berjalan dengan memanfaatkan gelombang mikro, sistem pengiriman sinyalnya dibagi berdasarkan waktu hingga sinyal informasi yang dikirim tersebut sampai ke tujuan.

Teknologi Jaringan GSM menggunakan frequency carrier selebar 200 KHz. Teknologi telekomunikasi seluler modern seperti GSM ini menggunakan komunikasi dua arah secara downlink dan uplink, atau disebut sebagai duplex transmission dengan dua cara, yaitu:

FDD (Frequeny Division Duplex)

Pentransmisian komunikasi secara uplink dan downlink menggunakan frekuensi yang berbeda. Jarak antara frekuensi uplink dan downlink disebut dengan duplex distance.

TDD (Time Division Duplex)

Pentransmisian komunikasi secara uplink dan downlink menggunakan frekuensi yang sama dalam waktu yang berbeda. Terdapat switch waktu yang sangat cepat antara komunikasi uplink dan downlink, sehingga pengguna masih bisa merasakan komunikasi secara kontinu.

Sistem GSM menggunakan teknik FDD untuk membedakan transmisi uplink dan downlink. Berikut ini tampilkan dalam bentuk gambar perbedaan antara FDD dan TDD dalam sistem jaringan GSM.

Perbedaan FDD dan TDD pada Jaringan GSM

Keterbatasan kanal frekuensi menjadi masalah utama dalam komunikasi wireless seluler. Oleh karena itu terdapat beberapa teknik untuk menempatkan beberapa subsciber dalam sau kanal frekuensi dan melakukan kegiatan komunikasi tanpa saling melakukan interferene, teknik ini disebut akses jamak. Terdapat beberapa teknik akses jamak, yaitu:

  • FDMA (Frequeny Division Multiple Access)
  • TDMA (Time Division Multiple Access)
  • CDMA (Code Division Multiple Access)

FDMA digunakan pada sistem GSM untuk membagi alokasi frekuensi yang lebar menjadi kanal-kanal dengan bandwidth kecil sebesar 200 KHz. Bandwidth sebesar 200 kHz sudah memenuhi syarat untuk mentransmisikan sinyal voice. Berikut ini alokasi frekuensi pada setiap jenis sistem GSM antara lain:

Jenis-Jenis Alokasi Frekuensi GSM

  1. GSM900: (880) 890 – 915 MHz; 925 (935) – 960 MHz; 124 (174) pasang kanal frekuensi, dengan duplex distance 45 MHz.
  2. GSM-R: 876 – 880 MHz; 921 – 925 MHz; 19 pasang kanal frekuensi dengan duplex distance 45 MHz.
  3. GSM1800: 1710 – 1785 MHz; 1805 – 1880 MHz; 374 pasang kanal frekuensi dengan duplex distance 95 MHz.
  4. GSM1900: 1850 – 1910 MHz; 1930 – 1990 MHz dengan duplex distance 80 MHz.

Pengertian Jaringan GSM dan Jenis Alokasi Frequensi GSM

Demikianlah sekilas mengenai pengertian jaringan GSM dan pembagian alokasi Frekuensi GSM. Semoga dengan adanya informasi ini akan membantu anda yang membutuhkan informasi tentang jaringan GSM. Kami akan terus membahas tentang pembagian jaringan seluler pada artikel-artikel berikutnya. (Baca: Jenis Jenis Jaringan Seluler)

advertisement
tags: , , ,

Komentari Pengertian Jaringan GSM dan Jenis Alokasi Frequensi GSM