Pengertian HUB dan Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer

Thursday, December 18th 2014. | Kamus Populer

Pengertian HUB dan Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer

advertisement

Pengertian HUB – Sebuah jaringan komputer baru bisa berjalan apabila terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Untuk membuat suatu jaringan komputer yang baik terlebih dahulu harus dibuatkan desain jaringan atau yang lebih populer disebut topologi jaringan komputer. Dari topologi jaringan komputer tersebut maka akan didapat komponen apa saja yang diperlukan. Namun untuk artikel kali ini kami tidak akan membahas bagaimana cara membuat topologi jaringan komputer yang baik, kami hanya akan membahas salah satu komponen yang sering ditemukan pada suatu jaringan komputer. Komponen tersebut adalah HUB.

Mungkin diantara kami dan pengunjung semuanya sudah sering mendengar istilah HUB, namun tahukah kitu apa sebetulnya pengertian HUB tersebut, lalu kemudian apa fungsi dari HUB. Dan kami pun yakin diantara kita masih ada yang samar memahami salah satu komponen jaringan komputer satu ini. Oleh karena itu lewat artikel ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian HUB dan Fungsi HUB pada sebuah jaringan komputer.

Pengertian HUB

Pengertian HUB adalah istilah umum yang menunjukkan pada sebuah perangkat keras yang terdapat pada suatu jaringan komputer sebagai central connection point yang memiliki fungsi untuk menerima sinyal dari unit komputer yang lalu ditransfer ke komputer lainnya. HUB bertugas untuk mengubah sinyal transmisi jaringan sehingga dimungkinkan untuk menghubungan lebih dari 2 komputer, kemudian dari konsep tersebut terciptalah sebuah network atau jaringan komputer yang masing-masing komputer tersebut bisa saling terhubung.

Fisik dari HUB memiliki banyak port, fungsi port tersebut untuk menghubungkan masing-masing komputer menggunakan sebuah konektor bernama RG45. Banyaknya port sebuah HUB bermacam-macam, ada yang memiliki 4 port, 5 port, 6 port dan seterusnya. Banyaknya komputer yang bisa terhubung ditentukan oleh banyaknya port HUB itu sendiri. Oleh karena itu membuat desain topologi jaringan sebelum membangun jaringan komputer amat sangat penting, salah satu manfaatnya adalah bisa menentukan pilihan HUB yang tepat untuk digunakan. Selain dapat menghubungkan komputer dengan komputer, HUB juga bisa menghubungkan dirinya dengan HUB lain, hal ini berguna untuk memperbanyak komputer yang terhubung ke jaringan.

Pembagian Jenis HUB

Pada dasarnya HUB terbagi dua macam, yaitu HUB aktif dan HUB pasif.

  1. Pengertian HUB Aktif adalah HUB yang memiliki kemampuan untuk memperkuat sinyal atau biasa disebut sebagai repeater. HUB jenis ini mampu untuk meregenerasi sinyal yang masuk dari suatu komputer yang kemudian ditransmisikan kembali ke komputer lainnya. HUB aktif akan sangat berguna untuk menghubungkan dua unit komputer atau lebih dengan jarak yang cukup jauh.
  2. Pengertian HUB Pasif adalah HUB yang hanya bertugas untuk membagikan sinyal transmisi yang masuk ke port port komputer yang terhubung. Dengan menggunakan HUB Pasif dimungkinkan untuk menambah unit komputer yang terhubung dengan syarat jarak unit komputer dengan komputer lainnya tidak terlalu jauh.

Fungsi HUB dan Kelebihan Menggunakan HUB

  • Bisa melakukan pengurangan, penambahan dan pemindahan unit komputer pada suatu jaringan komputer dengan mudah
  • Mampu memberikan manajemen service data informasi dan diagnostik yang terpusat
  • Kemudahan dan fleksibilitas untuk menggunakan interface berbeda

Contoh HUB dan Merk HUB terkenal

Pengertian HUB dan Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer

Demikianlah yang bisa kami sampaikan untuk artikel pengertian HUB, semoga melalui ulasan kami tentang HUB ini bisa semakin membuat kita mengerti tentang komponen-komponen pada suatu jaringan komputer. Adapun mengenai komponen perangkat keras lainnya pada jaringan komputer lainnya akan kami bahas satu persatu pada artikel berbeda. Beberapa kompunen tersebut sebelumnya telah kami bahas pada artikel lain, seperti pengertian modem dan pengertian router.

advertisement
tags: , ,

Komentari Pengertian HUB dan Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer