Pengertian Hotspot dan Jenis-Jenis Hotspot

Thursday, January 8th 2015. | Kamus Populer
Pengertian Hotspot

Pengertian Hotspot dan Jenis-Jenis Hotspot

advertisement

Pengertian Hotspot – Sebelum membahas tentang pengertian hotspot, sebaiknya anda baca dahulu artikel kami tentang pengertian Wi-Fi. Setelah membaca artikel tersebut anda akan mendapat gambaran tentang hubungan antara Wi-Fi dengan hotspot. Setelah itu kami akan menjelaskan secara detail pada artikel ini untuk pengertian hotspot lebih lanjut. Tidak jarang terjadi kekeliruan saat membedakan kedua istilah tersebut, antara wi-fi dan hotspot. Dan berikut ini kami uraikan apa sebetulnya hotspot tersebut.

Pengertian Hotspot

Pengertian hotspot adalah sebuah wilayah terbatas yang dilayani oleh satu atau sekumpulan Access Point Wi-Fi standar 802.11 a/b/g/n. Pengguna bisa bebas masuk dan terhubung ke Access Point tersebut dengan menggunakan berbagai perangkat yang dilengkapi dengan perangkat wi-fi sebagai penangkap sinyal, seperti notebook, netbook, ataupun smartphone.

Hotspot biasanya terdapat di beberapa tempat umum, seperti Cafe, Mall, Sekolah, Kampus, dan bahkan Alun-Alun Kota. Access Point Wi-Fi yang digunakan pada sebuah area hotspot tidak dilakukan modifikasi pada sektor antena, hal ini bertujuan agar cakupan wilayah yang dijangkau oleh sinyal wi-fi tersebut tidak terlalu luas.

Jenis-Jenis Hotspot

Hotspot bisa saja dibagi menjadi beberapa macam, pengelompokkan ini berdasarkan kebutuhan si pemilik hotspot. Biasanya hotspot digunakan sebagai fasilitas plus-plus yang mendukung usaha sebenarnya dari pemilik. Misalnya hotspot di Cafe, fasilitas hotspot tersebut diadakan bertujuan untuk menarik minat calon pengunjung, tepatnya hotspot digunakan sebagai ajang promosi. Dan berikut beberapa jenis hotspot tersebut:

Hotspot Gratis
Hotspot gratis yaitu seperti yang telah kami sebutkan di atas, digunakan sebagai tambahan layanan umum, biasanya digunakan di rumah makan, hotel, Coffee Shop, Cafe. Biasanya dengan adanya hotspot gratis maka akan menaikan image dan tentunya akan semakin menarik konsumen tertentu untuk mengunjungi tempat tersebut.

Hotspot Berbayar ke Pemilik Gedung
Tidak semua tempat menyedian layanan wi-fi gratis di area hotspotnya. Terkadang di beberapa tempat si pengguna diharuskan untuk membayar ke si pemilik gedung atau si pemilik area hotspot. Sistem pembayarannya berbeda-beda, bisa harian, bisa bulanan, atau bisa juga setiap kali pemakaian perhitungannya menggunakan billing hotspot.

Hotspot Berbayar ke Operator
Sekarang sudah banyak operator besar yang menyediakan area hotspot bekerjasama dengan pemilik gedung. Contohnya saja operator speedy dengan wifi.id, user yang mengakses wifi.id tidak membayar ke gedung yang menyediakan akses wi-fi tersebut. Melainkan membayarnya langsung ke operator Speedy.

Pengertian Hotspot dan Jenis-Jenis Hotspot

Sampai di sini penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk pengertian hotspot dan jenis-jenis hotspot. Semoga dengan artikel ini kita semakin jelas dalam memahami istilah hotspot dan bisa membedakan kedua istilah yang berkaitan tersebut yaitu antara hotspot dan wi-fi. Semoga Bermanfaat 🙂

advertisement
tags: , ,

Komentari Pengertian Hotspot dan Jenis-Jenis Hotspot