Pengertian Firewall Fungsi Firewall dan Jenis Jenis Firewall

Thursday, February 12th 2015. | Kamus Populer
Pengertian Firewall

Pengertian Firewall Fungsi Firewall dan Jenis Jenis Firewall

advertisement

Pengertian Firewall – Jaringan komputer dibangun untuk mempermudah proses sharing data dan aplikasi. Siapapun yang terhubung ke dalam sebuah jaringan komputer maka ia dapat mengakses apa saja yang dibagikan oleh semua komputer yang berada pada jaringan tersebut. Hal ini tentu sangat menguntungkan pihak yang bersangkutan, karena dapat menekan biaya serta dapat mengoptimalkan kualitas kerja. Namun, disamping manfaat besar tersebut ada lobang menganga yang dapat memberikan ancaman bahaya bagi komputer. Kenapa bahaya? Karena ketersediaan akses terhadap suatu aplikasi atau data dapat dimanfaat oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan menyalahgunakan data dan aplikasi yang dibagikan tersebut.

Untuk itu para ilmuan dan para pengembang teknologi jaringan komputer membuat suatu sistem yang dapat menutup atau lebih tepatnya mempersempit lobang menganga tersebut sehingga kemungkinan suatu komputer terperangkap ke dalam bahaya menjadi lebih kecil. Sistem ini lalu dikenal dengan nama Firewall. Apa pengertian Firewall yang sebenarnya? Simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Firewall

Dari beberapa sumber yang kami kumpulkan ada beberapa Firewall yang dapat kita fahami bersama, dan berikut ini kami tampilkan definisi pengertian firewall menurut para ahli di dalam bukunya.

Pengertian Firewall Menurut Rakhmat Farunuddin

Di dalam buku SPP Firewall IPTables di Linuk mengatakan bahwa definisi Firewall adalah sebuah aturan yang bisa diterapkan pada komponen hardware, software maupun sistem itu sendiri yang bertujuan untuk melindungi, melindungi dalam hal ini dapat dilakukan dengan teknik filterisasi, membatasi, juga dengan menolak sebuah permintaan koneksi.

Pengertian Firewall pada Buku Computer Networking

Pada buku tersebut dikatakan bahwa definisi Firewall adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk hanya melewatkan trafik yang diizinkan untuk masuk ke dalam sebuah jaringan komputer, dan secara otomatis menghalangi atau memblokir semua trafik lainnya.

Konsep penggunaan firewall di dalam sistem komputer pada dasarnya terinspirasi pada firewall fisik pada sebuah gedung. Pembuatan firewall pada gedung-gedung tersebut bertujuan untuk melindungi supaya apabila terjadi kebakaran tidak menjalar ke gedung lainnya, seperti firewall fisik yang terpasang pada setiap blok apartemen. Supaya bekerja efektif, si tembok penahan api ini harus dipasang di semua blok apartemen. Begitupun dengan konsep firewall di dalam sistem komputer, pada setiap antarmuka yang berhubungan secara langsung antara jaringan privat dengan jaringan publik maka disanalah harus terdapat firewall, untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyusupan program jahat ataupun prilaku jahat secara langsung dari para peretas ke komputer yang ada pada jaringan.

Fungsi Firewall

Dari pembahasan di atas dapat diambil sebuah kesimpulan, bahwa Firewall mempunyai beberapa fungsi utama, yaitu:

  1. Mengontrol dan mengatur lalu lintas jaringan
  2. Melakukan proses pengecekan dan pemberian ijin terhadap suatu akses
  3. Melindungi setiap sumber daya yang terdapat di dalam jaringan privat
  4. Mencatat setiap aktivitas dan melaporkannya kepada administrator jaringan melalui catatan log

Jenis Jenis Firewall

Firewall terbagi kepada beberapa jenis yang dikategorikan berdasarkan kemampuan dan cara kerjanya. Setidaknya terdapat 7 jenis Firewall yang biasa digunakan. Ketujuh jenis ini mempunyai peruntukkan yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan sebuah jaringan komputer. Jenis jenis Firewall tersebut adalah:

  1. Paket Filter Firewall
  2. Circuit Level Gateway
  3. Application Level Firewall
  4. NAT Firewall
  5. Stateful Firewall
  6. Virtual Firewall
  7. Transparent Firewall

Untuk penjelasan tentang ketujuh jenis Firewall di atas akan kami bahas di dalam artikel-artikel berikutnya.
Dari penjelasan tentang pengertian firewall, fungsi firewall hingga jenis jenis firewall di atas diharapkan dapat menambah wawasan kita semua di dalam penggalian pengetahuan tentang jaringan komputer. Kami akan terus mengupdate informasi dan semua istilah yang berhubungan dengan teknologi, khususnya istilah di dalam teknologi komputer, programming, dan jaringan komputer.

Pengertian Firewall Fungsi Firewall dan Jenis Jenis Firewall

Sekali lagi semoga informasi tentang pengertian Firewall ini dapat bermanfaat, jika dirasa terdapat kekeliruan di dalam penjelasan yang kami sampaikan, anda bisa mengingatkan kami melalui kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel ini. Terima Kasih.

advertisement
tags: , , ,

Komentari Pengertian Firewall Fungsi Firewall dan Jenis Jenis Firewall