Pengertian File pada Teknologi Komputer

Sunday, January 11th 2015. | Kamus Populer
Pengertian File

Pengertian File pada Teknologi Komputer

advertisement

Pengertian File – Jika kita gambarkan file dalam kehidupan sehari-hari adalah sebuah dokumen yang digabung menjadi sebuah arsip. File bentuk ini identik dengan lembaran kertas kerja yang bersifat penting yang masing-masing lembaran tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Namun berbeda ketika kita membahas sebuah file dalam teknologi komputer, secara garis besar memang sama yaitu berupa kumpulan berkas penting. Namun terdapat perbedaan yang mendasar yaitu dari segi bentuk. File di dalam komputer mempunyai bentuk maya tetapi meskipun begitu bisa disimpan dan juga direalisasikan menjadi bentuk nyata pada lembaran kertas. Perkembangan teknologi komputer dalam hal ini jelas sangat bermanfaat bagi pelaksanaan kebutuhan pekerjaan, seperti tugas-tugas perkantoran yang akan semakin efisien mengingat kini untuk menyimpan sebuah file penting tidak perlu berbentuk kertas sehingga biaya pembelian kertas bisa dikurangi, kemudian kantor tidak lagi membutuhkan banyak lemari dan kabinet untuk menyimpan file-file penting tersebut, bahkan kantor tidak perlu menyiapkan ruangan besar untuk menyimpan file dalam bentuk kertas karena semuanya bisa disimpan dengan aman di dalam sebuah komputer.

Pengertian File

File dalam dunia komputerisasi tidaklah hanya sebatas pada dokumen berupa teks saja, tetapi bisa juga gambar, baik sketsa, desain grafik, dan lain sebagainya. Keragaman jenis file tersebut berpengaruh pada beragamnya pula format file. Format file merupakan suatu cara khusus untuk mengkodekan informasi yang disimpan dalam file komputer. Pada awal perkembangan teknologi komputerisasi, sebuah komputer hanya mampun menyimpan informasi bits saja. Komputer yang diharapkan menjadi alat canggih dan cerdas tentu saja harus memiliki suatu cara untuk mengonversi informasi ke digital yang dipresentasikan oleh angka binari yang terdiri dari 0 dan 1. Berkenaan dengan hal tersebut, format file bisa dipahami sebagai suatu perintah untuk mengatur susunan data pada disk.

Dikutip dari wikipedia bahwa pengertian file adalah suatu identitas dari data yang disimpan di dalam sistem berkas yang dapat diakses dan diatur oleh pengguna. Sebuah berkas atau file mempunyai nama yang unik dalam suatu direktori atau folder dimana file itu berada.

Setiap software atau program pastilah memiliki jenis atau tipe file tersendiri. Sebagai contoh, misalnya program Photoshop secara default filenya berjenis PSD, MS PowerPoint berjenis PPT, MS Word berjenis DOC, dan lain sebagainya. Format atau jenis file pada program-program tersebut umumnya dikembangkan oleh perusahaan yang menciptakan program yang bersangkutan. Meskipun tidak bisa digeneralisasi, namun jenis file yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan penghasil software umumnya bertujuan untuk memberikan identitas pada dokumen yang dihasilkan atas penggunaan software tersebut.

Keragaman jenis file berpengaruh pada keragaman program yang digunakan untuk membuka atau mengakses jenis file tersebut. Jenis file tertentu umumnya hanya bisa dibuka menggunakan program yang menghasilkan jenis file itu. Namun kini hal tersebut tidaklah berlaku mutlak, karena telah banyak bereddar program yang dapat digunakan untuk membuka atau mengakses file dengan jenis tertentu. Misalnya jenis file ZIP atau RAR yang awalnya hanya bisa dibuka dengan program penghasil jenis file tersebut, kini dapat diakses melalui program lain seperti 7Zip dan lain sebagainya.

Selain format, ada pula yang disebut dengan file extension. Sebagaian orang, mungkin juga termasuk anda beraanggapan bahwa antara format file dengan file extension memiliki pengertian yang sama. Secara sekilas memang format file tidak jauh berbeda dengan file extension, terutama dalam hal penyebutan nama jenis file. Namun, jika ditelisik secara lebih mendalam, format file berbeda dengan file extension.
File extension umumnya terdiri atas tiga atau lebih karakter yang ditempatkan pada akhir nama sebuah file. Adapun fungsi file extension, yaitu membantu mempermudah sistem operasi komputer untuk mengidentifikasi informasi data yang terdapat dalam file beserta dengan aplikasi atau program yang terkait dengan file tersebut.

Format file cenderung mengarah pada nama jenis file, sedangkan file extension merupakan salah satu metode untuk mengidentifikasi jenis file. Secara lebih jauh, format file umumnya dituliskan dalam huruf kapital, sedangkan file extension dituliskan dalam huruf kecil yang mengikuti nama file. Sebagai contoh, misalnya untuk jenis file video salah satu formatnya adalah flv sehingga sering kali ditulis file FLV. Sementara untuk menunjukkan extension untuk format file tersebut adalah .flv. Dari sini jelas bahwa format file dengan extension file memiliki perbedaan pada cara penulisannya. Meskipun demikian, file extension biasanya terdiri atas karakter yang sama dengan format file.

Pengertian File pada Teknologi Komputer

Banyaknya program atau software yang beredar berpengaruh pada jenis file yang semakin beragam, Berkenaan dengan hal tersebut, kami mandalamaya.com akan berusaha untuk memberikan informasi mengenai jenis-jenis file yang sudah banyak dikenal oleh pengguna komputer. Selain itu kami akan menjelaskan bagaimana kita membuka suatu file yang bertipe tertentu. Hal tersebut tentunya akan sangat berguna mengingat kita sering menemukan file yang tidak langsung dapat dibuka menggunakan program yang ada pada komputer. Demikianlah artikel kami tentang pengertian file pada teknologi komputer, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.

advertisement
tags: ,

Komentari Pengertian File pada Teknologi Komputer