Pengertian E-Commerce

Wednesday, August 20th 2014. | Kamus Populer
Pengertian E-Commerce

Pengertian E-Commerce

advertisement

Pengertian E-Commerce – E-Commerce atau Electronic Commerce baru terdengar gaungnya baru-baru ini. Padahal istilah E-Commerce sebenarnya sudah ada sejak lebih 20 tahun silam. Istilah teknologi lain yang merujuk pada E-Commerce adalah Electronic Data Interchange atau EDI dan Electronic Funds Transfer atau EFT yang pertama kali muncul pada akhir tahun 1970-an. Contoh-contoh teknologi E-Commerce pada waktu itu adalah seperti Automated Teller Machines (ATM), Kartu Kredit, dan berbagai fasilitas perbankan yang menggunakan teknologi telepon sejak tahun 1980-an.

Dengan perkembangan pesat pada sektor teknologi internet menjadikan E-Commerce semakin berkembang dan lebih menarik. Dahulu aktivitas bisnis dapat dilakukan lewat jaringan khusus dan berkat pertumbuhan internet yang drastis menjadikan E-Commerce lebih luas skalanya.

Pengertian E-Commerce

Pengertian E-Commerce

Saat ini Internet tidak hanya sekedar menampilkan informasi dari pemilik website atau perusahaan ke customer. Kini customer bisa berinteraksi secara langsung dengan perusahaan melalui website sehingga memungkinkan untuk melakukan pengiriman email, mengisi sebuah formulir, membuat suatu perjanjian, dan melakukan transaksi jual-beli. Pengertian E-Commerce dapat diartikan berbeda-beda sesuai dengan pandangan masing-masing, namun yang terpenting adalah inti dari E-Commerce tersebut yang mencakup pengertian dimana suatu fasilitas bisa disebut E-Commerce selama melibatkan lebih dari satu perusahaan.

Pengertian E-Commerce

Menurut beberapa pakar IT, pengertian E-Commerce adalah:

Pengertian E-Commerce menurut whatiscom

E-Commerce adalah berhubungan dengan transaksi penjualan dan pembelian suatu barang dan jasa melalui fasilitas jaringan internet, lebih khusus lagi melalui jaringan WWW atau World Wide Web.

Pengertian E-Commerce menurut Robert E. Johnson

E-Commerce adalah suatu tindakan dimana seseorang dapat melakukan transaksi bisnis secara elektornik yang menggunakan fasilitas jaringan internet sebagai modal utama untuk berkomunikasi.

Pengertian E-Commerce menurut E-Commerce Net

E-Commerce adalah menjual barang atau jasa melalui internet. Ada beberapa hal yang terlibat dalam bisnis melalui E-Commerce diataranya: customer service, periklanan, produk, dan kebijikan sebagai peraturan dasar proses jual beli.

Pengertian E-Commerce menurut Donna Perry

E-Commerce menurut Donna Perry yaitu  kemampuan untuk melakukan aktivitas bisnis dengan memanfaatkan media elektornik seperti komputer, telepon, fax dan lain sebagainya. Dalam penjualan barang tersebut dibutuhkan:

Komputer; komputer disini berfungsi sebagai server yang memiliki kapasitas besar dan kemampuan yang tinggi serta didukung oleh keamanan yang baik, dan komputer server ini harus benar-benar stabil.

Mechant Account; perlu adanya kerja sama dengan pihak bank atau institusi keuangan yang dapat mengizinkan perusahaan menggunakan kartu kredit untuk media pembayaran.

Website; Perusahaan penjual barang harus memiliki website untuk menjajakan barang dagangannya, website yang dibangun khusus untuk website E-Commerce.

Pengertian E-Commerce

advertisement

Komentari Pengertian E-Commerce