Pengertian Driver dan Fungsi Driver Komputer

Friday, January 23rd 2015. | Kamus Populer
Pengertian Driver

Pengertian Driver dan Fungsi Driver Komputer

advertisement

Pengertian Driver – Komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Kedua komponen dasar yang berbeda secara bentuk tersebut tidak bisa berdiri sendiri. Komputer tanpa perangkat keras maka tidak akan ada perangkat yang bernama komputer, begitupun apabila ketika pada sebuah komputer tidak terdapat perangkat lunak maka komputer tersebut tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Ada satu komponen penting yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen perangkat keras dan perangkat lunak (perangkat lunak sistem operasi), dia dikenal dengan istilah driver. Apa pengertian driver secara definitif?

Pengertian Driver

Untuk menjelaskan pengertian driver, kami mengambil beberapa sumber. Dan pada artikel kali ini kami mengambil 2 sumber yang bisa dijadikan patokan untuk mendeskripsikan istilah driver tersebut.

Pengertian Driver Menurut Edy Winarno

Pengertian Driver adalah sebuah komponen perangkat lunak atau software yang digunakan untuk memperkenalkan sebuah perangkat keras kepada perangkat lunak sistem operasi, dengan perangkat lunak driver ini maka sistem operasi mampu untuk menggunakan perangkat keras tersebut dengan baik.

Pengertian Driver Menurut Wikipedia Indonesia

Pengertian Driver adalah suatu istilah dalam dunia teknologi informasi yang merujuk kepada sebuah komponen software yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk dapat berkomunikasi dengan suatu perangkat keras atau hardware.

Fungsi Driver Komputer

Jadi jelas bahwasannya driver adalah suatu program khusus berupa perangkat lunak yang dibuat untuk menghubungkan antara perangkat keras dengan sistem operasi. Kembali kami ingatkan, bahwasannya perangkat lunak pada komputer dibagi kepada beberapa jenis. Perangkat lunak tersebut memiliki fungsi masing-masing, perangkat lunak terbagi kepada 4 macam, yaitu: perangkat lunak aplikasi, perangkat lunak sistem operasi, perangkat lunak driver, dan perangkat lunak firmware.

Hampir seluruh perangkat keras yang terpasang pada suatu komputer tidak akan mampu berjalan atau tidak akan dikenali oleh sistem operasi apabila tidak terpasang driver pada sistem operasi tersebut. Pada komputer yang berbasis windows dapat dengan mudah diketahui perangkat keras mana yang belum dikenali oleh sistem operasi, yaitu pada tool device manager (baca: cara membuka device manager).

Pada sistem operasi versi terbaru biasanya sudah tersimpan ratusan driver yang bisa cocok dengan perangkat keras tertentu. Namun masih sangat banyak perangkat keras yang tidak tersimpan drivernya dalam sistem operasi tersebut. Maka diperlukan driver khusus yang biasanya diberikan bersamaan dengan paket pembelian perangkat keras tersebut dalam bentuk CD atau disediakan dalam website resmi vendor dari perangkat itu sendiri.

Bagi beberapa perangkat lama dan vendornya kurang populer akan menemukan kesulitan ketika mencari drivernya. Kasus ini sering terjadi setelah kita menginstal ulang sistem operasi, kita sering kehilangan CD Driver yang diberikan oleh vendor tersebut. Maka diperlukan teknik khusus untuk mencari driver tersebut. Kami menawarkan cara yang menurut kami sempurna sebagai solusi pencarian driver suatu perangkat keras. Bagaimana caranya, bisa anda lihat pada artikel kami tentang cara mudah mencari driver komputer.

Pengertian Driver dan Fungsi Driver Komputer

Itulah yang bisa kami jelaskan mengenai pengertian driver dan fungsi driver komputer. Semoga dengan adanya artikel pengertian driver ini bisa menambah wawasan para pembaca.

Terimakasih telah mengunjungi blog kami, jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan bantu kami untuk menyebarkan ilmu ini kepada rekan-rekan yang lain.

advertisement
tags: ,

Komentari Pengertian Driver dan Fungsi Driver Komputer