Pengertian Domain

Friday, July 19th 2013. | Kamus Populer
advertisement
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+37,011Share on TumblrShare on Reddit0

Pengertian Domain,- Sebelum membahas apa yang dimaksud dengan domain, saya ingin mengucapkan terimakasih atas kunjungan anda ke website mandalamaya.com ini, semoga informasi yang anda cari khususnya pada artikel kali ini yaitu pembahasan mengenai pengertian domain bisa bermanfaat dan membantu anda. Pada artikel sebelumnya dengan tema yang sama yaitu jaringan komputer telah dibahas sedikit mengenai pengertian www dan pengertian browser. Dua artikel tersebut berkaitan erat dengan artikel yang akan saya bahas sekarang ini.

Bagi para maniak internet mungkin bisa sampai puluhan website dikunjungi setiap harinya. Begitu mudahnya kita mendapatkan informasi maupun berita, hanya dengan menuliskan nama website di browser. Namun, tahukah anda? nama yang anda tulis di browser (misalkan saja detik.com) sebetulnya itu adalah penerjemahan dari sebuah deretan angka. Akan lebih sulit menghafal deratan angka bila dibandingkan dengan menghafal sebuah nama. Inilah penjelesan sederhana dari domain.

Pengertian Domain Name

Pengertian Domain

Pengertian Domain

Pengertian Domain adalah nama unik yang dimiliki oleh sebuah server komputer seperti web server dan mail server pada jaringan internet. Penamaan server komputer ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses suatu web server, mail server ataupun website tanpa harus menghafal deretan angka yang rumit yang dikenal dengan IP Address. Domain sekarang ini sangat identik dengan alamat URL atau alamat sebuah website. Contohnya: mandalamaya.com, detik.com, google.co.id. Proses penerjemahan dari sebuah nama unik ke deretan angka IP Address menggunakan program DNS (Domain Name System). Dalam kehidupan sehari-hari DNS bisa diibaratkan sebagai buku telepon pada handphone. Ketika kita memanggil Nama yang ada pada buku telpon sebetulnya yang dipanggil tersebut adalah Nomor Telepon yang dimiliki si Nama tersebut.

Pembagian Domain Secara Global

Secara garis besar Domain dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Generic Top Level Domain (gTLD)

Domain umum yang digunakan secara internasional dikelola oleh sebuah badan yang disebut Internic (international Network Information Center) dibawah IANA (Internet Assigned Number Authority). Berikut TLD yang termasuk kepada Generic Top Level Domain:
Domain .com: domain yang digunakan oleh organisasi atau personal yang bersifat komersial.
Domain .edu: domain yang digunakan oleh organisasi atau lembaga pendidikan.
Domain .gov: domain yang digunakan oleh lembaga dan instansi pemerintah milik Amerika Serikat.
Domain .int: Domain yang digunakn oleh organisasi bertaraf internasional.
Domain .net: Domain yang digunakan oleh penyedia jasa internet (ISP).
Domain .org: digunakan untuk organisasi non komersial.
Domain .aero: Domain yang digunakan untuk industri pesawat terbang.
DOmain .asia: Domain untuk kawasan Asia-Pasific.
Domain .biz: Domain untuk para pebisnis.
Domain .info: Domain untuk website informasi.

  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Domain khusus untuk sebuah negara, masing-masing negara di dunia ini mempunya ccTLD. Berikut contoh ccTLD masing-masing negara yang terdaftar:
DOmain .ac: Kepulauan Ascension
Domain .ae: Uni Emirat Arab
Domain .af: Afganistan
Domain .al: Albania
Domain .am: Armenia
Domain .ar: Argentina
Domain .at: Austria
Domain .au: Australia
Domain .bd: Bangladesh
Domain .be: Belgia
DOmain .bh: Bahrain
Domain .bn: Brunei Darussalam
Domain .br: Brazil
Domain .ca: Canada
Domain .ch: Swiss
Domain .cl: Chili
Domain .cz: Republik Ceko
Domain .de: Jerman
DOmain .dk: Denmark
Domain .eg: Mesir
Domain .es: Spanyol
DOmain .fr: Francis
Domain .id: Indonesia
Domain .il: Israel
DOmain .in: India
Domain .iq: Iraq
Domain .ir: Iran
Domain .it: Italia
Domain .jp: Jepang
Domain .us: Amerika Serikat
Domain .ru: Rusia
Domain .uk: Inggris

Contoh Domain Gratis

Layanan kepemilikan domain itu bersifat bebas bagi siapa saja, ada yang memerlukan syarat-syarat berupa legalitas perusahaan atau organisasi adapula yang tidak membutuhkan. Domain tidak bersifat kepemilikan secara utuh atau permanen, domain dimiliki dengan status sewa tahunan. Domain gratis pun juga ada, konsekuensinya biasanya domain gratis ada embel-embel iklan di halaman website yang kita bangun tersebut. Contoh domain gratis saat ini sepert .tk, .co.cc, .co.nr. Itulah penjelasan mengenai pengertian domain dan contoh domain yang ada di dunia ini. Bagi anda yang hendak membuat website sesuaikan kebutuhan domain anda dengan konsep website yang anda bangun.

advertisement