Pengertian Dofollow dan Pengertian Nofollow

Monday, December 8th 2014. | Kamus Populer
Pengertian Dofollow dan Pengertian Nofollow

Pengertian Dofollow dan Pengertian Nofollow

advertisement

Pengertian Dofollow dan Pengertian Nofollow – Kami akan mencoba keluar dari topik pembahasan blog Mandalamaya.COM yang biasanya membahas istilah-istilah yang berhubungan dengan teknologi komputer dan gadget. Untuk kali ini kami akan membahas tentang istilah yang populer di kalangan blogger. Di dunia blogger ada istilah yang sangat populer, yaitu dofollow dan nofollow. Mungkin ada sebagian dari pengunjung yang masih asing dengan kedua istilah tersebut, oleh karena kami akan membahas pengertian dofollow dan pengertian nofollow pada artikel kali ini.

Dofollow dan nofollow adalah istilah untuk menjelaskan status link yang ada pada sebuah website atau blog. Kedua istilah tersebut erat kaitannya dengan istilah backlink. Backlink merupakan suatu hal yang berharga bagi sebuah website atau blog, backlink hingga saat ini masih cukup berpengaruh untuk meningkatkan peringkat sebuah website pada mesin pencari atau search engine. Penjelasan dari backlink adalah link website kita yang tertanam pada website orang lain. Misalnya kami memiliki website Mandalamaya.COM, dan pada wikipedia.org ada link yang mengarah ke Mandalamaya.COM. Link atau tautan yang tertanam di wikipedia.org itulah yang disebut backlink. Kondisi tersebut akan membuat website Mandalamaya.COM naik peringkat di mata mesin pencari seperti google.com contohnya. Lalu apa hubungannya dofollow dan nofollow dengan backlink?

Pengertian Dofollow dan Pengertian Nofollow

Pengertian Dofollow adalah link atau tautan yang dapat memberitahukan robot mesin pencari untuk merayapi link tersebut. Misalnya di website Mandalamaya.com ada link dofollow yang mengarah ke wikipedia.org, maka ketika robot mesin pencari mengunjungi website mandalamaya.com maka mesin pencari tersebut juga akan merayapi website wikipedia.org sesuai dengan link dofollow yang tertanam di website Mandalamaya.COM. Maka dengan sendirinya wikipedia.org terbantu oleh Mandalamaya.COM dalam hal popularitas di mata mesin pencari.

Pengertian Nofollow adalah link yang ada pada sebuah website yang dapat memberi tahu robot mesin pencari bahwa ada link pada website tersebut namun robot mesin pencari tidak diijinkan untuk merayapinya. Misalkan Mandalamaya.COM mencantumkan link ke Wikipedia.org dengan status nofollow, ketika mesin pencari mengunjungi Mandalamaya.com dia akan mengetahui bahwa ada link yang mengarah ke Wikipedia.org namun mesin pencari tidak merayapi Wikipedia.org, mesin pencari lebih memilih melanjutkan perayapan pada website Mandalamaya.COM. Dengan begitu Wikipedia.org tidak mendapatkan poin backlink, dan Mandalamaya.COM menjadi lebih optimal dirayapi oleh mesin pencari.

Jika anda memiliki website, penggunaan link dofollow dan nofollow amatlah penting. Karena penggunaan status link yang tepat akan berpengaruh baik pada website anda. Jadi ketika anda ingin mencantumkan link ke luar di website anda, disarankan untuk menggunakan status link nofollow. Secara default, sebuah link berstatus dofollow, oleh karena itu ketika anda mencantumkan link ke luar tambahkan tag nofollow pada link tersebut.

Cara Membuat Link Menjadi Nofollow

Jangan biarkan ada banyak link ke luar pada website yang kita kelola, jika sangat diperlukkan untuk mencantumkan link maka pergunakanlah link dengan status nofollow. Secara default, link yang dibuat akan seperti di bawah ini:

<a href=”http://wikipedia.org” title=””>Wikipedia</a>

Supaya status link nofollow maka tambahkan tag nofollow pada setiap link yang mengarah ke luar:

<a href=”http://wikipedia.org” title=”” rel=”nofollow”>Wikipedia</a>

Cara Mengetahui Link Dofollow atau Nofollow

Link dofollow dimanfaatkan para blogger untuk meningkatkan ranking blog mereka di mata mesin pencari. Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink dofollow, salah satunya adalah dengan mengomentari situs-situs orang lain. Namun seperti yang telah kami jelaskan di atas, tautan-tautan yang tertanam di blog orang akan menjadi poin bagi blog kita bila status link tersebut dofollow. Maka dari itu agar usaha kita dalam membangun backlink tidak sia-sia, sudah seharusnya kita mengetahui blog yang akan ditanami link kita tersebut berstatus dofollow atau nofollow. Untuk mengetahuinya sangatlah mudah, berikut ini cara mengetahui link dofollow atau link nofollow:

  • Gunakan web browser Mozilla Firefox
  • Instal Plugin NoDofollow, kunjungi halaman: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/nodofollow/
  • Setelah plugin NoDofollow terpasang, klik kanan pada halaman yang ingin diketahui status linknya, kemudian pilih menu NoDofollow.
    Secara otomatis semua link yang ada pada halaman tersebut dibedakan menjadi 2 warna. Ada warna biru yang berarti link tersebut dofollow, dan warna merah yang berarti link tersebut berstatus nofollow.

Contoh Link Dofollow: Animasi Kartun Korea
Contoh Link Nofollow: Mewarnai Gambar

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pengertian Dofollow dan pengertian Nofollow. Semoga setalah kami jelaskan bagaimana cara membuat link menjadi dofollow, anda bisa mengaplikasikannya pada website yang sedang dikelola, dan rankingnya websitenya pun semakin membaik. Akhir kata, semoga informasi mengenai pengertian dofollow dan pengertian nofollow ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

advertisement
tags:

Komentari Pengertian Dofollow dan Pengertian Nofollow