Pengertian DBMS dan Contoh Program DBMS

Saturday, January 10th 2015. | Kamus Populer
Pengertian DBMS

Pengertian DBMS dan Contoh Program DBMS

advertisement

Pengertian DBMS – DBMS adalah istilah yang berkaitan erat dengan database. Seperti yang telah disinggung sebelumnya pada artikel pengertian database, dapat disimpulkan bahwa database adalah sekumpulan data yang telah melalui proses penyusunan yang saling berelasi sehingga mudah untuk dikelola menjadi sebuah informasi bermanfaat. Sedangkan DBMS adalah suatu sistem yang bertanggung jawab dalam melakukan pengolahan data dalam database sehingga menjadi sebuah informasi. Dan melalui artikel inilah kami akan membahas secara mendetail mengenai pengertian DBMS.

Pengertian DBMS

DBMS merupakan kependekkan dari Database Management System, yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Sistem Manajemen Basis Data dan sering juga disingkat menjadi SMBD. DBMS atau SMBD merujuk pada suatu sistem yang berfungsi sebagai pengolahan basis data sehinga menjadi sebuah informasi. Kami mengutip dari buku Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data karya Kusrini, M.Kom mengatakan, pengertian DBMS adalah software yang menangani semua akses ke basis data, software tersebut memungkinkan menyusun, mengolah dan memperbaharui item-item dalam suatu basis data atau database. DBMS mempunyai kemampuan untuk mengolah data dalam jumlah yang besar, selain itu DBMS juga mampu untuk melakukan manipulasi data dengan mudah dan cepat.

Perlu untuk diketahui, sebelum adanya sistem manajemen basis data atau DBMS data disimpan dalam bentuk file berupa text yang ada pada sistem operasi. Penggunaan penyimpanan data seperti ini yaitu dalam bentuk file hingga saat ini masih digunakan dalam beberapa software. Seperti halnya DBMS, penyimpanan data dalam bentuk file memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihan penyimpanan data dalam bentuk ini dinilai lebih optimal apabila data yang tersimpan berukuran kecil, seperti untuk menyimpan data password pada sistem operasi Unix.

Selain dalam bentuk file, data juga biasa disimpan dalam suatu program pembantu seperti spreadsheet. Penyimpanan data dalam spreadsheet mampu menutupi kelemahan dari penyimpanan data dalam bentuk file, dengan menggunakan metode penyimpanan ini proses pengolahan data menjadi sedikit lebih cepat. Namun, kedua metode di atas masih mempunyai beberapa kelemahan, dimana diantara kelamahan tersebut tergolong kepada permasalahan yang fatal karena menyangkut masalah manajemen dan keamanan data. Untuk itulah lalu diperlukan sebuah software khusus untuk melakukan pengolahan data dalam database, yaitu software sistem manajemen basis data (SMDB) atau DBMS.

Manfaat dan Kelebihan DBMS (Sistem Manajemen Basis Data)

  • Performa dalam pengolahan data sangat baik bahkan untuk mengelola data yang berukuran besar sekalipun. Bebeda halnya dengan metode penyimpanan data dalam bentuk file dan spreadsheet, kedua metode ini hanya bisa bekerja optimal apabila digunakan untuk penyimpanan data yang berukuran kecil.
  • Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. DBMS mampu mencegah terjadinya redudansi data, dimana redudansi data adalah bertumpuknya file yang sama dalam sebuah basis data.
  • DBMS bersifat independensi. Maksudnya adalah ketika harus dilakukan perubahan struktur database maka aplikasi antarmuka tidak akan mengalami hal serupa. Perubahan cukup dilakukan pada struktur databasenya saja tanpa harus mengubah struktur dalam aplikasi antarmuka.
  • DBMS bersifat terpusat (sentralisasi). Maksudnya adalah ketika sebuah database digunakan secara bersama-sama, maka akan lebih mudah apabila database tersebut disimpan pada satu tempat. Dan dengan menggunakan DBMS, hal tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan. Berbeda halnya apabila menggunakan metode penyimpanan bentuk file dan spreadsheet yang harus disimpan pada setiap komputer yang membutuhkan akses ke database tersebut.
  • Sistem keamanan data dalam database akan lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. Karena dalam DBMS dimungkinkan untuk melakukan pengaturan hak akses kepada masing-masing user.

Contoh Program DBMS

  1. MySQL
  2. Oracle
  3. Firebirh
  4. Microsoft SQL Server
  5. Foxpro 6.0 atau FoxBase
  6. DB2
  7. Paradox
  8. Microsoft Access

Itulah ulasan kami tentang pengertian DBMS atau Sistem Manajemen Basis Data. Kami masih perlu menyampaikan beberapa istilah lainnya yang berkaitan dengan DBMS dan database ini, salah satunya terutama untuk penjelasan dari beberapa contoh program DBMS yang kami data di atas.

advertisement
tags: ,

Komentari Pengertian DBMS dan Contoh Program DBMS