Pengertian Adware dan Kerugian Akibat Adware

Friday, March 13th 2015. | Kamus Populer
Pengertian Adware

Pengertian Adware dan Kerugian Akibat Adware

advertisement

Pengertian Adware – Dengan semakin mudahnya mendapatkan akses ke internet membuat kita dapat begitu mudahnya mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kebutuhan kita akan informasi yang begitu tinggi melalui media internet inilah lalu dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk meraih penghasilan berupa materi. Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet dari mulai cara yang benar-benar bersih hingga cara yang kurang fair.

Di sini kami tidak akan membahas lebih jauh tentang cara mencari penghasilan dari internet, namun kami akan mencoba untuk menyinggung tentang cara yang kami nilai kurang fair bahkan cenderung merugikan user dalam mencari pengasilan melalui internet. Salah satunya ia itu adalah dengan menggunakan penyisipan perangkat lunak pada komputer user. Perangkat lunak tersebut menempel pada komputer dengan cara yang tidak diketahui oleh user, dan perangkat lunak ini memanfaatkan kebutuhan user akan informasi dengan menyisipkan pranala-pranala yang merujuk ke site promosi. Perangkat lunak tersebut lalu dikenal dengan nama adware. Apa itu pengertian adware?

Baca Juga: Pengertian Virus Komputer

Pengertian Adware

Adware adalah sebuah istilah dalam dunia teknologi yang diambil dari bahasa Inggris. Secara bahasa istilah Adware terdiri dari dua kata, yaitu Ad yang berarti iklan dan Ware yang berarti barang atau aplikasi. Kami mengutip dari beberapa situs tentang pengertian Adware, dapat disimpulkan bahwa pengertian Adware adalah sejenis perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk menginstalasi dirinya sendiri pada komputer user tanpa diketahui oleh user dan perangkat lunak tersebut akan menampilkan iklan disaat user mencari informasi di internet. Iklan yang ditampilkan oleh Adware berbeda-beda, ada yang bersifat sangat mengganggu seperti munculnya pop-up di desktop atau iklan yang muncul di browser dengan menampilkan mesin pencari khusus.

Bagaimana Cara Adware Terpasang di Komputer

Biasanya Adware memanfaatkan aplikasi yang bersifat gratis seperti Software Freeware dan Software Shareware yang didapatkan dari internet. Di dalam aplikasi tersebut tersimpan program adware yang dibundle di dalamnya. Maka ketika si user melakukan penginstalan aplikasi gratis tersebut, secara otomatis program Adware pun ikut terinstal. Sebetulnya dalam proses instalasi aplikasi gratis yang didalamnya terdapat Adware ada form yang menampilkan persetujuan pengguna untuk menginstal program Adware. Namun masalahnya adalah informasi persetujuan tersebut cenderung lebih tidak disadari oleh si user, dan didukung dengan kebiasaan user dalam menginstal program yang tidak membaca secara teliti peraturan dan pedoman pengguna untuk aplikasi yang mereka instal. Alhasil Adware dapat dengan mudah menyusup pada sebagian besar pengguna aplikasi gratis tersebut. Program adware bisa berupa aplikasi yang terpasang langsung pada sistem komputer atau aplikasi yang berupa plugin yang menempel pada browser si user.

Bahaya Adware untuk Pengguna Komputer

Perlu kita ketahui, adware berbeda dengan virus dan spyware. Adware tidak mempunyai kemampuan untuk merusak sistem maupun hardware komputer. Adware hanya menampilkan iklan-iklan yang mengarahkan pengguna ke situs-situs yang tidak dia harapkan. Ada beberapa Adware yang memiliki kemampuan memata-matai aktivitas pengguna, tujuannya adalah untuk mengirimkan informasi tersebut kepada perusahaan sehingga dapat menampilkan iklan yang sesuai dengan minat si user. Maka dari itu efeknya iklan lebih tertuju dan si user lebih tertarik untuk mengunjungi link yang ditampilkan oleh iklan pada program Adware tersebut.

Namun meskipun Adware tidak mempunyai kemampuan yang secara langsung dapat merusak komputer dan sistem, tetapi ada beberapa poin yang dapat merugikan pengguna dari beberapa aspek sehingga perlu diwaspadai oleh pengguna.

Kerugian yang ditimbulkan akibat Adware

  1. Pengguna akan terganggu dengan banyaknya iklan yang muncul pada komputer
  2. Pengguna sering kali kesulitan mendapatkan informasi yang dibutuhkan karena hasil pencarian dipenuhi dengan informasi yang merujuk ke situs promosi
  3. Program Adware menjelma menjadi mesin pencari utama pada browser, dan mesin pencari tersebut kemampuannya masih diragukan
  4. Yang paling berbahaya adalah terdapat beberapa Adware yang memasang iklan yang dapat mengarahkan user ke situs atau aplikasi berbahaya yang mengandung virus, worm, malware atau spyware.

Contoh Adware

  1. MyStartSearch
  2. WebsSearches.Com

Pengertian Adware dan Kerugian Akibat Adware

Demikianlah informasi lengkap yang bisa kami sampaikan tentang pengertian Adware. Dari informasi tentang pengertian Adware dan beberapa hal yang berkaitan dengannya kami harapkan bisa membuat pembaca faham dan mampu untuk lebih berhati-hati lagi dengan penggunaan aplikasi gratis sehingga terhindar dari program-program jahat yang bisa saja merusak sistem komputer.

advertisement
tags: ,

Komentari Pengertian Adware dan Kerugian Akibat Adware