Pembahasan Lengkap Format File DjVu

Monday, December 22nd 2014. | Ekstensi File
Pembahasan Lengkap Format File DjVu

Pembahasan Lengkap Format File DjVu

advertisement

Pembahasan Lengkap Format File DjVu – Penyebaran informasi di dunia ini masih didominasi dalam bentuk lembaran kertas. Menurut penelitian menyebutkan bahwasannya hampir 90 persen informasi tersebar dalam bentuk lembaran kertas. Teknologi internet masih belum bisa digunakan semaksimal mungkin untuk menyebarkan informasi yang kaya akan konten bermanfaat. Padahal penyebaran informasi melalui internet akan lebih cepat dan mudah.

Sulitnya mencari informasi yang kaya akan konten bermanfaat dipengaruhi oleh adanya kesalahan pada penggunaan format file dokumen. File dokumen yang dibuat sebagai wadah untuk menyimpan informasi tersebut masih terhambat oleh ukuran file, sehingga tidak memungkinkan untuk ditampilkan pada website karena ukuran file yang dihasilkan terlalu besar. Sedangkan jika ukuran dokumen informasi tersebut dibuat menjadi berukuran kecil, resikonya adalah resolusi menjadi kurang baik. Sehingga aspek kenyamanan dalam membaca dokumen menjadi berkurang.

Format file konvensional yang paling populer digunakan hingga saat ini untuk menampilkan informasi adalah seperti JPEG, GIF, PNG, dan PDF. Supaya dokumen informasi dalam format file tersebut memiliki resolusi yang baik maka ukuran filenya pun akan besar. Akibatnya para pemilik website enggan untuk menampilkan dokumen tersebut dalam websitenya karena membutuhkan space penyimpanan website yang besar dan konsumsi bandwidth yang besar pula. Sehingga mereka pun menjadi lebih memilih untuk mencetak dokumen informasinya pada lembaran kertas.

Pembahasan Lengkap Format File DjVu

Di atas merupakan permasalahan yang melatar-belakangi diciptakannya sebuah teknologi yang dibundle menjadi sebuah aplikasi berbasis desktop yang mampu menghasilkan dokumen dengan ukuran lebih kecil namun tetap mempertahankan kualitas resolusi gambar, teknologi ini bernama DjVu.

Sejarah Perkembangan Format File DjVu

DjVu merupakan teknologi kompresi gambar yang dikembangkan sejak tahun 1996 di bawah perusahaan teknologi AT&T. Lalu kemudian teknologi ini kami sebut dengan nama software DjVu untuk mempermudah anda memahaminya. Software DjVu mampu membuat dokumen dengan ukuran yang lebih kecil dan tetap mempertahankan kualitas resolusi sehingga file yang dihasilkan sangat dimungkinkan untuk dibagikan melalui website. Format file yang dihasilkan oleh software DjVu adalah .djvu. DjVu merupakan format file terbuka dengan hak paten. DjVu didistribusikan sebagai aplikasi open source, para pengembang mengimplementasikannya dengan nama DjVuLibre di bawah naungan GNU General Public License (GNU/GPL).

Software DjVu biasanya digunakan untuk membuat E-Book yang merupakan hasil dari pemindaian buku berwarna, majalah berwarna, katalog produk, dan surat kabar. Atau bisa juga buku, majalah, surat kabar dalam bentuk soft copy yang dijadikan E-Book. File DjVu mengingatkan kita pada file format PDF. Dan memang peruntukan file DjVu sama dengan file PDF. Dari situs resminya dikutip bahwasannya DjVu dibuat untuk menyempurnakan kekurangan dari PDF, dan ukuran dokumen hasil kompresi menggunakan software DjVu jauh lebih kecil daripada PDF.

Kelebihan Format File DjVu

Ada beberapa poin yang menjadikan DjVu lebih unggul daripada format dokumen lainnya, diantaranya:

  1. DjVu lebih baik daripada PDF dalam menampilkan dokumen dalam bentuk digital
  2. DjVu mampu lebih baik daripada JPEG dan JPEG2000 dalam menampilkan gambar dan foto
  3. DjVu mampu lebih baik dari TIFF dalam menampilkan scanned bitonal document
  4. DjVu mampu lebih baik dari GIF dalam menampilkan Large Palettized Images
  5. DjVu adalah satu-satunya format documen berwarna dengan resolusi tinggi yang mampu ditampilkan dalam format web

Cara Kerja DjVu

Rahasia keunggulan DjVu dibanding format file lainnya adalah terletak pada teknologi yang digunakannya. DjVu memiliki kemampuan untuk memisahkan gambar mejadi 3 bagian, masing-masing dari bagian tesebut diproses melalui tahapan kompresi sehingga menghasilkan dokumen baru yang berukuran lebih kecil. Ketiga bagian tersebut adalah background, foreground dan mask image. Background dan Foreground dibuat menjadi beresolusi lebih rendah, sedangkan bagian mask image memiliki resolusi tinggi karena mask image biasanya tempat untuk menyimpan teks. Dari algoritma kompresi ini dihasilkanlah dokumen berukuran kecil namun tetap memiliki resolusi tinggi. Sehingga format file djvu jika dibuka masih terlihat tajam dan nyaman untuk dibaca.

Demikianlah pembahasan lengkap format file DjVu. Meskipun dinilai memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan dengan format PDF, format file DjVu masih kalah telak dari PDF dalam hal kepopuleran. Entah apa yang membuat file ini kurang diminati. Mungkin karena pengguna file PDF sudah lebih dahulu banyak. Mereka yang sudah mengetahui keunggulan format DjVu menjadi enggan untuk menggunakan tipe file tersebut dikarenakan dia tahu akan menemui kesulitan jika file format DjVu dibagikan kepada orang lain, karena orang lain kemungkinan besar masih banyak yang kurang tau akan jenis file ini.

Maka dari itu, dengan informasi ini diharapkan bagi anda yang sekarang sudah mengetahui keunggulan file DjVu bisa memanfaatkannya dengan bijak. Jika anda seorang pekerja kantoran, mungkin ada baiknya jika rekan-rekan anda diberitahu mengenai file ini, sehingga seluruh kantor nantinya akan terbiasa, dan pendistribusian informasi digital di kantor anda pun akan menjadi lebih efisien.

Artikel pembahasan lengkap format file DjVu masih belum selesai sampai di sini, dikarenakan artikel ini terlalu panjang maka pembahasannya kami bagi menjadi 3 bagian. Kedua bagian sisanya akan membahas tentang Cara Membuat File DjVu dan Cara Membuka File DjVu.

advertisement
tags:

Komentari Pembahasan Lengkap Format File DjVu