Kisah Hidup Sang Pencipta Android, Andy Rubin

Thursday, September 26th 2013. | Berita
Andy Rubin

Andy Rubin - Pencipta Android

advertisement

Kisah Hidup Andy Rubin, Sang Pencipta Android,- Sudah pada tahu semuanya Android adalah salah satu Sistem Operasi untuk Smartphone. Pesaing utama Android saat ini adalah iOS, begitu populernya Android di telinga masyarakat dunia saat ini. Namun tahukah kita siapa sebenarnya sang pencipta Sistem Operasi milik Google ini?

Pencipta Sistem operasi Android bernama Andrew E. Rubin (panggil: Andy Rubin), seorang pria asal Amerika Serikat yang lahir pada tanggal 22 Juni 1946 di Kota New Bedford. Andy Rubin adalah sosok yang bergelut di bidang robotika. Hingga setelah lulus dari bangku kuliahnya dia langsung bekerja di perusahaan bernama Carl Zeiss A.G bidang robotika. Karena kecintaan Andy Rubin pada robot inilah yang menjadi alasan logo Android berbentuk sebuah robot.

Selain seorang yang mencintai dunia robot, Andy Rubin merupakan pria yang pantang menyerah. Tercatat beberapa kali dia membangun perusahaan yang berdiri hasil dari perwujudan keahliannya, dan beberapa kali pula perusahaan yang dia bangun mengalami kebangkrutan lalu diakuisisi oleh perusahaan lain. Berikut cerita kehidupan Andy Rubin selaku sang creator Android:

Kisah Hidup dan Perjalanan Sukses Andy Rubin, Sang Pencipta Android

Andy Rubin

Andy Rubin – Pencipta Android

1. Bekerja di Perusahaan Apple

Andy Rubin dikatakan pernah bekerja di perusahaan yang sekarang menjadi pesaing utama google di bidang Sistem Operasi, yaitu Apple. Andy Rubin bekerjadi di perusahaan Apple di bagian manufaktur pada tahun 1989. Saat ini dia berada di bawah kepemimpinan CEO John Sculley. Perjalanan karier Andy Rubin di Perusahaan Steve Jobs ini tidak mulus. Masalah terjadi ketika Andy Rubin dipindahkan ke bagian riset dan bekerja di anak perusahaan Apple, bernama General Magic yang memproduksi piranti lunak dengan produk bernama Magic Cap. Magic Cap ternyata tidak sesuai harapan, sepi dari peminat dan pada akhirnya anak perusahan Apple ini ditutup.

2. Membangun Perusahaan Artemis Research

Setelah berstatus sebagai mantap pegawai Apple, kemudian Andy Rubin berinisiatif untuk membangun sebuah perusahaan, perusahaan tersebut diberinama Artemis Research tepatnya pada tahun 1995. Artemis Researh dibangun untuk membuat sebuah program tayangan televisi yang digabungkan dengan teknologi Internet. Tidak lama kemudian raksasa perusahaan teknologi Microsoft mengakuisisi Artemis Research dan mengganti nama produk Televisi Internet Artemis menjadi MSN TV. Kemudian pada tahun 1999 Andy Rubin keluar dari perusahaan yang telah dibesarkannya tersebut.

3. Memproduksi Robot

Setelah keluar dari perusahaan yang diakusisi Microsoft, Andy Rubin langsung tinggal di sebuah ruko yang terletak di Palo Alto, California. Tujuannya kali ini kembali melakukan pekerjaan yang sangat dia cintai, yaitu bidang robot. Di sana Andy Rubin memproduksi berbagai macam robot, namun sayang aktivitas barunya ini tidak bertahan lama.

4. Menciptakan Perangkat Cikal Bakal Android

Pada tahun yang sama setelah keluar dari MSN TV Andy Rubin kembali membangun perusahaan dan berhasil membuat suatu perangkat yang memiliki kinerja seperti halnya ponsel. Namun perangkat ciptaannya ini mempunyai kelebihan yaitu bisa mengakses data perusahaan bernama Danger Inc. Bisa dibilang perangkat barunya tersebut seperti PDA, tapi Andy Rubin membantah bahwa perangkatnya tersebut bukanlah PDA, karena dia mengklaim perangkatnya memiliki kemampuan melebihi PDA. Andy Rubin menyebut produknya tersebut bernama Sidekick. Sampai pada tahun 2003 Andy Rubin keluar dari perusahaanya sendiri setelah lagi-lagi dibeli Microsoft.

Andy Rubin Menciptakan Perangkat Cikal Bakal Android – SideKick

5. Membangun Perusahaan Android Inc

Masih ketika memiliki perusahaan yang memproduksi Sidekick Andy Rubin sempat memberikan kuliah tamu tentang keunggulan Sidekick. Pada waktu itu pendiri Google, Lary Page dan Sergei Brin mengikuti jalannya perkuliah Andy Rubin. Entah kebetulan atau memang mereka dua sudah mengendus jauh-jauh hari potensi yang dimiliki Andy Rubin. Pada akhirnya setelah perkuliahan usai pemilik Google tersebut menghampiri Andy Rubin dan mengungkapkan ketertarikan mereka pada ide Andy Rubin. Setelah perusahaan Danger Inc nya dibeli oleh Microsoft, Andy Rubin membangun kembali perusahaan baru yang diberinama Android Inc yang berfokus pada pengembangan perangkat seperti halnya Sidekick. Pembangunan perusahaan dan pengembangan perangkat terus dilakukan, hingga pada tahun 2005 Google melirik kembali perusahaan Andoid Inc nya Andy Rubin. Tanpa pikir panjang Google mengambil alih perusahaan Android Inc. Hingga sampai sekarang Android Inc dengan produknya Andoid menjelma menjadi Sistem Operasi yang merajai dunia Smartphone, yang terbenam di banyak perangkat smartphone berbagai merk yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

tags:

Komentari Kisah Hidup Sang Pencipta Android, Andy Rubin