Kegunaan Google Play Services

Sunday, December 15th 2013. | Berita
Fungsi dan Kegunaan Google Play Services di Android

Fungsi dan Kegunaan Google Play Services di Android

advertisement

Kegunaan Google Play Services,- Anda pengguna Android? Baru-baru ini ada keanehan di dalam perangkat smartphone berbasis Android. Terdapat sebuah aplikasi berlogo Google dengan inisial huruf “g” terinstal di dalam Smartphone, padahal sebelumnya kita tidak pernah menginstal aplikasi tersebut.

Usut punya usut ternyata aplikasi tersebut bukanlah aplikasi ilegal yang dapat membahayakan smartphone kita. Aplikasi tersebut besutan Google yang diberinama Google Play Services. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Google seolah sembunyi-sembunyi menanamkan aplikasinya di Device Kita. Ada misi rahasia mungkin? Pikiran itu yang sempat terbersit di benak saya, mungkin juga Anda.

Yang tampil di Menu Smartphone memang bukan bernama Google Play Service melainkan Google Setting. Google Play Services adalah aplikasi yang berjalan di belakang layar, untuk mendukung fitur tersebut dibuatlah Google Setting. Lalu apa gunanya Google Setting yang berperan sebagai pengendali Google Play Services tersebut?

Fungsi dan Kegunaan Google Play Services

Kegunaan Google Play Services

Kegunaan Google Play Services

Seperti yang telah dijelaskan Google, Google Play Services berguna untuk memperbaharui Aplikasi-Aplikasi Google juga Aplikasi yang berada di Google Play. Dengan Google Play Services kita bisa melihat data otentikasi aplikasi lain atau website lain yang terhubung ke akun Google kita, Sinkronisasi Kontak, juga layanan peta google.

Sampai di sini kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi berlogo Google tersebut ternyata benarlah adanya, itu aplikasi resmi Google bukan malware atau lainnya. Namun saya pribadi masih memiliki pertanyaan, apa sebenarnya maksud Google sehingga mereka seolah memaksa pengguna Android untuk menginstal aplikasi barunya tersebut, padahal saya kira fungsi Google Play Services di atas tidak bergitu terasa penting bagi kita. Bahkan secara tidak langsung Google menawarkan pilihan, pasang aplikasi Google Play Services di smartphone Anda atau Aplikasi Google lainnya seperti Youtube, Hangout, Maps juga yang lainnya tidak bisa digunakan.

Pertanyaan saya ini dikuatkan dengan banyaknya pengguna lain yang merasa tidak nyaman, seperti yang bisa anda lihat di kolom komentar halaman Google Play Services di Google Play Store. Yang menilai aplikasi ini buruk sebanyak 106ribu dari total 364ribu penilai. Selanjutnya kita coba kaji fitur apa saja yang berada di dalam aplikasi Google Setting yang berjalan bersama Google Play Services tersebut.

Apa Fungsi Aplikasi Google Setting dan bagaimana cara menggunakannya?

Fungsi Google Setting Android

Fungsi Google Setting Android

Fungsi Google Setting sebetulnya masih berkaitan dengan fungsi Google Play Services, karena kedua nama ini masih berkaitan. Diungkapkan pihak google bahwa:

  • Google Setting mampu menditeksi aplikasi yang berbahaya bagi Smartphone anda.
  • Mengontrol penuh aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke akun Google anda, seperti ketika anda login ke sebuah web menggunakan layanan google+, atau bermain game menggunakan akun google+.
  • Mengelola data lokasi yang terditeksi.
  • Mengelola iklan yang muncul di aplikasi gratis yang terpasang di Smartphone Anda.
  • Memungkinkan anda menemukan kembali smartphone anda yang hilang juga mereset smartphone ke setelah pabrik dari jarak jauh.

Untuk menggunakan aplikasi Google setting supaya kegunaannya bisa kita rasakan, berikut ini caranya:

  • Buka aplikasi Google Setting anda, login menggunakan akun Google. Kemudian di sana anda menemukan beberapa menu.
  • Connected apps: Untuk melihat aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke akun google
  • Play Games: Melihat game yang pernah di mainkan menggunakan akun Google+, melihat kiriman orang lain yang merekomendasikan sebuah game.
  • Maps & Latitude: menditeksi lokasi anda, sharing lokasi, juga mengontrolnya.
  • Ads: Mengirimkan data ke Google sehingga dia bisa menampilkan iklan yang sesuai. Sehingga dalam menampilkan iklan, Google melihat dari kesesuaian lokasi geografis, situs yang dikunjungi, iklan yang serupa yang pernah anda kunjungi, pemberian +1 pada fitur Google+, juga usia dan jenis kelamin.
  • Verifi Apps: Aktifkan fitur ini berarti Google akan memberitahukan anda jika aplikasi yang akan diinstal dinilai berbahaya.
  • Android Device Manager: Mengaktifkan Fitur di dalamnya memungkinkan anda untuk melacak lokasi smartphone, juga mereset smartphone dari jarak jauh.

Dan akhirnya terjawab sudah pertanyaan saya selama ini, kecurigaan saya dari awal terhadap aplikasi Google Play Service ini ternyata beralasan juga. Google berusaha mendapatkan nilai plus dari Google Play Services untuk mendapatkan data yang menjadi bahan menampilkan iklan yang sesuai dengan karakteristik si pemilik smartphone. Menurut saya, oke.. bila itu tujuan Google tidak masalah, karena memang sebuah iklan tidak selamanya mengganggu. Bahkan mungkin kita sering terbantu dengan munculnya iklan-iklan dari Google atau penyedia iklan lainnya. Syaratnya adalah, aplikasi Google Play Services tidak sampai mengganggu kenyamanan kita menggunakan Smartphone. Alasan inilah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna yang memberikan penilaian buruk di Google Play untuk aplikasi Google Play Service.

Semoga saja kedepannya Google lebih bisa memperhatikan keluhan pengguna, dan lalu mendapatkan solusi terbaiknya untuk aplikasi Google Play Services dan aplikasi Google lainnya. Semoga artikel Kegunaan Google Play Services ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Adapun untuk opini saya ini mungkin tidaklah benar keseluruhan, ada baiknya anda membaca juga artikel-artikel dari sumber lain yang membahas permasalahan Google Play Services ini.

advertisement
tags: , , ,

Komentari Kegunaan Google Play Services