Jenis-Jenis Layar LCD Pada Handphone

Wednesday, October 2nd 2013. | Berita

Jenis-Jenis Layar LCD pada Handphone,- Teknologi terus berkembang di berbagai aspek, termasuk yang paling berkembang pesat pada teknologi mobile atau handphone. Perkembangan teknologi pada handphone juga terjadi pada berbagai komponen, diantaranya pekembangan sistem operasi handphone, perkembangan kemampuan sumber daya handphone, perkembangan layar handphone, dan komponen-komponen lainnya. Yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai perkembangan yang terjadi pada layar handphone.

Jika kita ingat dahulu, layar handphone yang populer hanya terdiri dari dua warna, hitam dan putih. Hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja, layar handphone kini digunakan semakin canggih dan penuh dengan warna. Jenis-jenis layar handphone yang ada saat ini beraneka ragam, namun secara garis besar layar handphone terbagi pada 2 jenis yaitu LCD dan OLED. Dari 2 jenis layar tersebut lahirlah jenis-jenis layar handphone lainnya, seperti monochrome, TFT, TFD, Super Amoled, Retina Display, dan lain sebagainya. Berikut kita bahas satu persatu jenis-jenis layar handphone yang pernah dan banyak digunakan sampai saat ini:

Sebelum membahas jenis-jenis layar secara detail, ada baiknya kita fokuskan dulu pembahasan pada jenis-jenis layar LCD pada Handphone. Untuk jenis-jenis layar OLED pada handphone akan dibahas pada artikel selanjutnya. LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. LCD adalah teknologi layar yang menggunakan medium kristal cair yang disimpan diantara beberapa panel kaca atau material transparan lainnya. Liquid Crystal ini tidak menghasilkan cahaya, maka untuk menghasilkan tampilan berupa warna LCD bergantung pada cahaya atau semacam lampu penerang di bagian belakang (backlight). Ketika dilihat dari jarak sangat dekat akan tampak unit-unit pixel berwarna yang menyusun tampilan gambar pada layar LCD. Berikut jenis-jenis layar yang menggunakan teknologi LCD:

Jenis-Jenis Layar LCD Pada Handphone

Jenis-Jenis Layar LCD

Jenis-Jenis Layar LCD pada Handphone

Jenis Layar Monochrome

Jenis Layar LCD Monochrome

Monochrome adalah layar jenis LCD yang sering kita jumpai pada handphone-handphone lawas. Pertama kali handphone lahir ke dunia memakai layar jenis LCD Monochrome ini. Tampilan layar LCD nampak hanya terdiri dari 2 jenis warna, yaitu hitam dan putih. Cara kerja monochrome di layar handphone untuk menghitamkan pixel adalah dengan memblokir cahaya yang akan keluar. Selain digunakan pada handphone, layar jenis monochrome ini sering dipakai pada kalkulator, jam digital. Keunggulan yang paling menonjol dari handphone dengan layar jenis monochrome adalah konsumsi daya yang sangat rendah, sehingga baterai yang dipakai akan bertahan sangat lama.

Jenis Layar STN dan CSTN

Jenis Layar LCD STN & CSTN

Terobosan baru saat itu pada saat layar monochrome menjadi primadona adalah lahirnya layar berwarna. Jenis layar berwarna pertama saat itu diberinama STN (Super Twisted Nematic). Layar STN saat itu masih memiliki kelemahan-kelamahan, diantaranya kualitas tampilan kurang optimal, respon lambat. Kemudian diperbaharui sehingga muncullah layar jenis LCD baru dengan nama CSTN (Color Super Twisted Nematic). Layar CSTN ini merupakan jenis layar yang ditujukan untuk perbaikan tipe sebelumnya, Layar STN. Layar CSTN memiliki respon dan ketajaman warna yang lebih baik dibanding layar STN sehingga mendekati kemampuan layar TFT (dibahas selanjutnya). STN dan CST termasuk ke dalam layar LCD jenis Passice-Matrix Color Display.

Jenis Layar TFT

Jenis Layar LCD TFT

Jenis Layar handphone TFT adalah tipe layar jenis LCD berwarna terbaru yang mampu menghadirkan ketajaman warna lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. TFT LCD singkatan dari Thin Film Transistor, menempatkan transistor di setiap piksel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Hal itulah yang membuat layar LCD TFT ini terlihat lebih tajam dalam warna, terang, dan respon yang sangat cepat. Kelemahan yang dimiliki layar LCD jenis TFT ini adalah relatif lebih mahal dan konsumsi baterai lebih besar. Meskipun begitu layar LCD jenis TFT masih menjadi pilihan utama dan paling banyak dipakai pada perangkat handphone dan smartphone sampai saat ini.

Jenis Layar TFD

Layar LCD jenis TFD masih termasuk kedalam layar tipe Active-Matrix Color Display. Sama halnya dengan TFT, TFD (Thin Film Diode) menempatkan diode pada setiap piksel layar. Layar jenis TFD ini bisa dibilang lebih baik dibanding TFT dalam segi respon dan ketajaman.

Jenis Layar IPS

Jenis Layar LCD IPS

Yang terbaru dari teknologi layar jenis LCD adalah IPS LCD. Jenis terbaru ini memanfaatkan teknologi In-Plane Switching (IPS) yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna dan sudut pandang optimal yang lebih luas. Sehingga handphone yang memiliki layar berteknologi IPS mampu dilihat secara baik dari sudut mana saja. Salah satu perangkat paling ‘heboh’ yang memakai teknologi ini adalah iPhone dengan layar Retina Display nya. Saat ini banyak perangkat smartphone dan komputer tablet yang menggunakan teknologi LCD IPS ini pada layarnya.

Itulah jenis-jenis layar LCD pada handphone, dan untuk selanjutnya kami akan membahas jenis-jenis layar OLED pada handphone / smartphone ditambah dengan perbedaan antara layar jenis LCD dengan layar jenis OLED, mana yang lebih baik? Kami hadirkan pada artikel selanjutnya.

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+16,966Share on TumblrShare on Reddit0
tags: