Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Pada Prinsip Operasional

Friday, August 29th 2014. | Kamus Populer
Jenis-Jenis Komputer

advertisement

Telah disinggung sebelumnya pada artikel Pengertian Komputer, komputer juga ternyata terbagi kepada beberapa jenis. Jenis-jenis komputer ini dibagi berdasarkan klasifikasi komputer. Ada 3 klasifikasi komputer, yaitu:

1. Klasifikasi Komputer merujuk pada Prinsip Operasionalnya

2. Klasifikasi Komputer merujuk pada Daya Pengolahannya

3. Klasifikasi Komputer merujuk pada Personal Computer / Penggunaan Pribadi

Jenis-jenis komputer menurut masing-masing klasifikasinya akan kami bagi pada 3 buah artikel sesuai dengan urutan poin-poin di atas. Dan yang pertama adalah jenis-jenis komputer menurut klasifikasi prinsip operasional.

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Pada Prinsip Operasional

Jenis-Jenis Komputer

Berdasarkan prinsip-prinsip operasional, Komputer terbagi kepada 3 jenis, yaitu:

1. Analog Komputer

Komputer jenis analog merupakan komputer yang dijalankan menggunakan energi mekanik atau listrik yang ada pada awal ditemukan dan dikembangkannya sebuah komputer. Komputer jenis analog dapat bekerja menyelesaikan beberapa operasi matematika secara bersamaan dengan lebih tepat. Komputer analog merupakan istilah yang merujuk pada suatu alat penghitung yang bekerja pada level analog.

2. Digital Komputer

Komputer jenis digital dirancang untuk menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks. Pengolahan data yang dilakukan bersifat kuantitatif berbentuk huruf, angka, tanda baca dll. Cara kerja komputer digital adalah dengan mengubah sinyal hingga menjadi sebuah kombinasi bilangan 0 dan 1 atau kita kenal dengan nama bilangan biner.

Sinyal digital yang dimaksud memiliki beberapa keistimewaan yang tidak ada pada komputer analog, keistimewaannya tersebut adalah:

  • mampu mengirimkan data dengan kecepatan tinggi
  • tidak mengurangi kualitas dan kuantitas informasi walaupun penggunaan dilakukan berulang-ulang
  • informasi yang diterima mudah untuk diproses dan diubah menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan
  • dapat melakukan proses informasi dalam jumlah yang sangat besar lalu kemudian mengirimkan hasil pemrosesan secara interaktif

3. Komputer Hybrid

Komputer jenis hybrid merupakan perpaduan antara komputer jenis analog dan komputer digital, sehingga kemampuannya dapat bekerja secara kuantitatif dan kualitatif. Komputer jenis hybrid ini biasanya digunakan untuk keperluan robotik seperti mesin-mesin di pabrik, sebagai alat kesehatan di rumah sakit dan lain sebagainya yang mempunyai kemampuan khusus pada bidang tertentu.

advertisement
tags:

Komentari Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Pada Prinsip Operasional