Fungsi Android Device Manager dan Cara Menggunakannya

Tuesday, December 9th 2014. | Peralatan
Fungsi Android Device Manager dan Cara Menggunakannya

Fungsi Android Device Manager dan Cara Menggunakannya

advertisement

Mandalamaya.COM – Google terus mengembangkan sistem operasi Smartphonenya yang bernama Android, hampir setiap tahun diluncurkan versi terbaru Android guna memperbaiki dan mempercanggih sistem yang ada di dalamnya. Hingga saat ini Android resmi yang telah digunakan beberapa vendor adalah Android KitKat, dan sedang hangat dalam pembicaraan mengenai sistem operasi Android terbaru yang segera akan diluncurkan yang dinamai Lollipop.

Dalam setiap pembaharuan sistem operasi selalu ada fitur-fitur baru yang diperkenalkan. Dan yang akan kami bahas ini memang bukanlah fitur terbaru, tetapi baru diluncurkan Google setahun yang lalu, fitur ini beranama Android Device Manager. Mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih fungsi dari Android Device Manager itu? Lalu bagaimana cara menggunakan Android Device Manager?

Mengenai Android Device Manager sebetulnya telah kami ulas secara sekilas pada artikel Fungsi Google Play Services. Kedua fitur ini saling berhubungan, jadi jika di Android anda tidak terpasang Google Play Services secara otomatis Android Device Manager pun tidak akan bisa diaktifkan. Untuk lebih jelasnya hubungan antara kedua fitur tersebut kami sarankan untuk membaca terlebih dahulu artikel Fungsi Google Play Services.

Fungsi Android Device Manager

Fungsi Android Device Manager secara umum adalah untuk keamanan smartphone. Ada 3 fitur yang merupakan fungsi inti dari Android Device Manager, yaitu: menemukan smartphone yang hilang, mengunci dan mereset password smartphone dari jarak jauh, dan menghapus data yang terdapat dalam memori smartphone.

Fungsi Android Device Manager Untuk Menemukan Smartphone Hilang

Ada dua cara menemukan smartphone yang hilang menggunakan fitur Android Device Manager, yang pertama jika smartphone hilang atau dicuri gunakan fasilitas Pencarian Lokasi. Namun jika kondisinya lupa menyimpan smartphone, maka gunakan pengaktif nada dering.

Tampilan Menu Android Device Manager di Web

Tampilan Menu Android Device Manager di Web

Menemukan Smartphone Yang Dicuri Dengan Android Device Manager

Untuk mencari smartphone yang hilang maka gunakanlah fitur pencarian lokasi smartphone pada Android Device Manager, untuk mengakses fitur ini bisa dilakukan dengan mengakses halaman Android Device Manager di Web.

  1. Buka halaman android.com/devicemanager, login menggunakan akun yang sama dengan yang digunakan pada smartphone yang hilang
  2. Jika anda mempunyai lebih dari satu perangkat Android, pilih nama perangkat yang hilang, menunya terletak di samping nama perangkat berupa panah
  3. Secara otomatis Android Device Manager akan menampilkan lokasi smartphone yang hilang pada peta Google Maps. Untuk lebih meyakinkan klik icon target yang berada di sudut kanan disamping icon pensil.

Menemukan Smartphone Jika Lupa Menyimpan

Jika kondinya hilangnya adalah lupa menyimpan, maka gunakanlah fitur pengaktif nada dering. Atau cara ini bisa dilakukan sebagai langkah kedua dari langkah pertama di atas. Jika pada peta menujukkan ponsel berada masih di lokasi yang sama dengan tempat kita berada maka gunakanlah fitur ini. Caranya sebagai berikut:

  1. Lakukan langkah 1 & 2
  2. Klik menu Ring atau Dering ditandai dengan icon ring, setelah menekan menu tersebut ponsel akan berdering hingga 5 menit dengan volume maksimum meskipun sebelumnya ponsel disetting senyap.

Fungsi Android Device Manager Untuk Mengubah Password

Dalam proses pencarian smartphone yang hilang dibutuhkan waktu untuk menemukannya. Maka dari itu alangkah baiknya jika anda telah menemukan dimana letak smartphone anda hilang, segera lakukan penguncian layar dengan password baru supaya jika ada yang menemukannya, mereka tidak akan bisa mengakses smartphone anda. Cara menggunakan fitur ini sebagai berikut:

  1. Lakukan langkah 1 & 2
  2. Klik menu Kunci atau Lock ditandai dengan icon lock, kemudian setting password baru untuk membuka kunci smartphone anda.

Selain dapat mengunci smartphone, anda juga bisa menuliskan nomor telepon anda yang bisa dihubungi oleh si penemu smartphone yang hilang. Supaya nomor telepon tersebut dapat terlihat oleh si penemu smartphone, isi kolom Nomor Telepon (opsional).

Fungsi Android Device Manager Untuk Menghapus Data

Langkah ini dilakukan jika anda khawatir si penemu smartphone telah membuka melihat-lihat isi smartphone anda. Maka lakukanlah penghapusan data, ini berguna untuk berjaga-jaga supaya data-data penting anda tidak ikut dicuri. Caranya sebagai berikut:

  1. Lakukan langkah 1 & 2
  2. Klik menu Hapus atau Erase ditandai dengan icon erase, secara otomatis semua data yang terdapat dalam smartphone anda akan dihapus oleh Android Device Manager.

Semua fitur Android Device Manager di atas, yaitu menemukan lokasi, menderingkan, mengunci dan menghapus data smartphone baru bisa dilakukan jika keadaan smartphone yang hilang terhubung ke internet. Maka jika smartphone anda hilang, sering-seringlah mengakses halaman Android Device Manager untuk mengecek smartphone anda terhubung internet atau tidak. Jika didapat smartphone anda aktif atau online segera kunci layar, kemudian baru cari titik lokasi smartphone tersebut.

Cara Mengaktifkan Android Device Manager

Supaya smartphone Android bisa diakses melalui Android Device Manager maka sebelumnya ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu fitur Android Device Manager dalam smartphone tersebut harus diaktifkan. Cara mengaktifkan Android Device Manager yaitu: masuk ke menu Setting » Security » Device Administrators lalu centang pada pilihan Android Device Manager.

Demikianlah artikel tentang Fungsi Android Device Manager dan Cara Menggunakannya, semoga ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

advertisement
tags: ,

Komentari Fungsi Android Device Manager dan Cara Menggunakannya