Membuat Formulir Pendaftaran dengan Google Drive

Saturday, April 12th 2014. | Tutorial
Membuat Formulir Pendaftaran dengan Google Drive

Membuat Formulir Pendaftaran dengan Google Drive

advertisement

Membuat Formulir Pendaftaran dengan Google Drive,- Siapa diantara pembaca yang tidak mengenal atau setidaknya mendengar kata Google? Bisa dikatakan hampir semua orang di dunia ini dan anda pengunjung website kami sudah tau apa itu Google. Sedikit penjelasan Google adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, khususnya konten internet dengan sekala multinasional. Pertama kali didirikan produk yang dimiliki Google adalah mesin pencari, yang hingga saat ini mesin pencari Google menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Waktu terus belalu dan Google-pun kini memiliki banyak sekali produk yang ditawarkan, diantaranya produk yang akan kami bahas pada artikel kali ini, yaitu Google Drive. Google Drive merupakan produk yang dimiliki Google dimana user bisa menyimpan berbagai file semacam video, dokumen, file musik, dan lainnya yang dapat dibagi pakai dengan pengguna lain. Cara menyimpan file ke dalam Google Drive anda bisa mengunggahnya langsung dari komputer pribadi, atau dengan cara membuat Filenya terlebih dahulu di Google Drive lalu disimpan di sana. Google Drive memberikan fasilitas untuk membuat file dengan tipe document, Presentation, Spreadsheet, Form, dan Drawing. Selain tipe file tersebut anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dukung oleh Google Drive.

Yang akan kami bahas dikesempatan kali ini adalah cara membuat Formulir Pendaftaran dengan menggunakan fasilitas Form di Google Drive. Cara ini tidak hanya untuk formulir pendaftaran saja, nantinya anda bisa kembangkan untuk disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Mengapa untuk membuat formulir pendaftaran saja harus menggunakan Google Drive? Bukan harus, tapi ini untuk mempermudah saja, karena untuk membuat sebuah form pendaftaran anda setidaknya harus mengetahui bahasa pemrograman seperti PHP dan juga database seperti MySQL.

Kasus yang saya buat di sini adalah, anda adalah seorang event organizer dan berencana menyelenggarakan sebuah acara, untuk memudahkan pendaftaran calon peserta anda diharuskan untuk membuat sebuah formulir pendaftaran yang nantinya dipampang di website event organizer anda. Untuk bisa mengikuti event, si calon peserta harus mengisi data-data di formulir pendaftaran seperti nama, alamat, nomor telepon, dll.

Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Drive

Membuat Formulir Pendaftaran dengan Google Drive

Membuat Formulir Pendaftaran dengan Google Drive

Oke, langsung saja ke tahap cara membuat formulir pendaftaran event menggunakan Google Drive.

1. Buka Google Drive di alamat https://drive.google.com
Perlu diingat, untuk bisa mengakses Google Drive dan menggunakan fasilitasnya anda diharuskan memiliki akun Google terlebih dahulu. Cara membuat akun Google akan dijelaskan kemudian, untuk saat ini caranya bisa dicari di mesin pencari Google.

2. Jika sudah bisa masuk, kemudian klik tombol Create lalu pilih Form

3. Muncul halaman baru, isikan nama formulir yang dibuat, dan pilih tema yang diinginkan. Kemudian tekan tombol OK.

Formulir Pendaftaran Google Drive

Formulir Pendaftaran Google Drive – Pemilihan Tema

4. Isikan pertanyaan-pertanyaan yang diinginkan.
Sebelum melangkah lebih jauh, perlu anda rancang terlebih dahulu formulir yang akan dibuat. Disini kami akan membuat formulir seperti berikut:

Question Title	Question Type		Option
Nama Lengkap	Text			Required Question
Alamat		Paragraph Text		Required Question
Nomor Telepon	Text
Jenis Kelamin	Multiple Choice		1. Laki-laki
					2. Perempuan

Untuk contoh kami rasa cukup, anda bisa kembangkan lagi dengan menambahkan field lainnya. Langkah pembuatannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Formulir Pendaftaran Google Drive – Nama Lengkap

Formulir Pendaftaran Google Drive – Alamat

Formulir Pendaftaran Google Drive – Nomor Telepon

Formulir Pendaftaran Google Drive – Jenis Kelamin

5. Jika sudah selesai semuanya, klik tombol Send Form. Muncul pop-up yang di dalamnya berisi link untuk menuju ke halaman formulir yang dibuat. Bila anda ingin menyematkan formulir di dalam website, pilih menu Embed. Copy kode html yang tertera, lalu pasangkan di halaman website anda.

Formulir Pendaftaran Google Drive – Embed Link

6. Pembuatan Formulir sudah berhasil, untuk melihat data calon peserta yang sudah mendaftarkan dirinya melalui formulir yang anda buat bisa dilihat di menu Responses pada Draft Formulir Pendaftaran Event di Google Drive anda.

Ada satu cara tambahan untuk mempermudah anda melihat data pendaftar yaitu dengan memanfaatkan fitur Speadsheet Google Drive. Sehingga data pendaftar yang masuk akan secara otomatis di simpan di file Speadsheet, sekaligus anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email disetiap ada calon peserta yang mendaftar. Cara ini akan kami jelaskan pada pembahasan berikutnya.

Demikianlah cara membuat form pendaftaran dengan menggunakan Google Drive, semoga ini bisa membantu anda sekalian pengunjung blog mandalamaya.com.

advertisement
tags:

Komentari Membuat Formulir Pendaftaran dengan Google Drive