Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart

Monday, August 25th 2014. | Tutorial
Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restar

Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restar

advertisement

Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart – Ada beberapa faktor yang mengakibatkan komputer sering merestart sendiri. Salah satunya adalah karena suhu komputer terlalu panas. Ada cara bagaimana memperbaiki komputer yang sering restart karena suhunya yang terlalu panas atau lebih dikenal dengan istilah overheat processor.

Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart

Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restar

Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restar

Berikut ini solusi dini untuk mengatasi komputer sering restart karena suhu komputer terlalu panas:

1. Konfigurasi Suhu pada Bios

Hardware haruslah dijaga kesehatannya, jangan sampai suhu pada hardware terlalu panas. Supaya kita tidak kecolongan diperlukan peringatan pada komputer mengenai suhu. Caranya adalah dengan cara mengatur peringatan suhu yang terdapat pada bios. Hal ini menjadi penting karena kita bisa mengetahui dan mengambil tindakan untuk mematikan komputer atau shutdown komputer secara normal sebelum komputer tersebut mati atau restart sendiri.

2. Memeriksa suhu udara pada casing

Casing komputer biasanya didesain sedemikian rupa supaya sirkulasi udara di dalam cpu lebih baik. Namun lama-kelamaan hal ini menjadi tidak berjalan karena beberapa hal, diantaranya debu, atau karena modifikasi yang dilakukan pada komputer sehingga menghalangi udara yang masuk atau keluar. Jika perlu, supaya sirkulasi pada casing menjadi lebih baik, ditambahkan 2 buah kipas yang berfungsi sebagai pembuang udara dan menarik udara masuk ke dalam casing komputer.

3. Memeriksa heatsink dan pasta processor

Apabila langkah kedua telah dilakukan namun komputer tetap merestart sendiri, saatnya melakukan pengecekkan pada heatsink atau kipas pendingin processor. Periksa heatsink dan pastikan posisi heatsink terpasang dengan benar di atas processor. Akan lebih baik jika anda membuka heatsink lalu membersihkannya dari debu. Cek juga pasta processor, apabila sudah tidak layak ganti pasta dengan pasta yang berkualitas baik.

Demikianlah langkah-langkah untuk mengatasi dan memperbaiki komputer yang sering restart sendiri karena suhu komputer terlalu panas. Semoga cara memperbaiki komputer yang sering restart ini dapat bermanfaat.

advertisement
tags: , , ,

Komentari Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart