Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Monday, October 13th 2014. | Tutorial
Cara Memperbaiki Flashdik yang Minta Format di Windows

Cara Memperbaiki Flashdik yang Minta Format di Windows

advertisement

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format – Mungkin ada beberapa diantara kita yang pernah menemui masalah dimana flashdisk atau memory card lama yang selalu minta diformat ketika kita colokkan ke PC atau laptop. Ketika kita colokkan selalu keluar nofitikasi yang menandakan bahwa flashdisk atau memory card belum terformat.

Sebelum melangkah lebih jauh ke cara memperbaiki flashdisk yang minta format, perlu kiranya kami berikan sedikit informasi kenapa flashdisk atau memory card terkadang minta format. Beberapa diantaranya diakibatkan oleh: flashdisk atau memory card tidak melalui proses eject dengan benar ketika melepaskan dari colokkan PC atau laptop. Flashdisk yang asal cabut tanpa dieject terlebih dahulu lama lama akan membuat flashdisk atau memory card cepat rusak.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Minta Format

Cara Memperbaiki Flashdik yang Minta Format di Windows

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format di Windows

Cara Memperbaiki Flashdisk dengan Command Prompt (CMD)

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan command prompt (tombol Windows + R). Ketikkan CMD lalu tekan ENTER. Pastikan flashdisk atau memori card yang rusak ada di posisi drive mana (misalnya drive F). Maka ketikkan “F:” dan tekan ENTER di command prompt. Lalu ketikkan lagi “chkdsk /f” (tanpa tanda petik) untuk menjalankan prosedur pengecekkan dan repair.

Jika muncul notifikasi “CANNOT LOCK CURRENT DRIVE” dan windows ingin men-DISMOUNT, ketik Y. Tunggu prosesnya selesai dalam beberapa detik. Lama tidaknya proses tergantung pada kapasitas flashdisk. Jika ada error akan langsung terdeteksi dan akan memperbaikinya.
Kemudian jika saat menjalankan chkdsk /f pada command prompt ditemukan notifikasi “ACCESS DENIED AS YOU DO NOT HAVE SUFFICIENT PREVILAGE”, maka tutup command prompt yang telah dibuka tadi, lalu buka kembali via akses administrator (Baca Cara Membuka Aplikasi Dengan Akses Administrator).

Cara Memperbaiki Flashdisk dengan ERROR CHECKING TOOL

Cara kedua yang juga cukup simple adalah dengan bantuan tool windows yaitu error checking windows tool. Caranya adalah dengan membuka explorer dengan shortcut WINDOWS + E. Kemudian kenali dulu drive yang bermasalah lalu klik kanan dan pilih PROPERTIES. Pada jendela properties, klik TOOL di bagian atas lalu tekan tomnol CHECK NOW. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara Memperbaiki Flashdisk dengan Bantuan Software

Metode ini bisa dibilang adalah metode paling akhir dimana 2 metode di atas sudah tidak mampu lagi mengatasi. Ini terjadi bila flashdisk atau memory card benar benar sudah parah. Dengan metode ini, bisa jadi data milik kita tidak bisa kembali tapi media kembali normal, atau data kembali dalam keadaan tidak 100%.

Banyak software yang ada di pasaran dan kita bisa download secara gratis. Tinggal cari di search engine, contoh google. Software tersebut adalah: ICare Data, Recovery Profesional, Get Data Back, Recuva, dan lainnya. Untuk pembahasan ini akan kami sertakan pada artikel berikutnya.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki flashdisk yang minta format terus-menerus. Semoga informasi cara memperbaiki flashdisk bisa menjadi manfaat untuk kita semua.

advertisement
tags: , ,

Komentari Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format