Cara Membuka Regedit dan Pengertian Registry Editor

Thursday, January 15th 2015. | Tutorial
Cara Membuka Regedit

Cara Membuka Regedit dan Pengertian Registry Editor

advertisement

Cara Membuka Regedit – Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara membuka regedit kami akan bahas terlebih dahulu pengertian regedit itu sendiri. Ini dimaksudkan supaya kita terlebih dahulu tahu fungsi dan tujuan menyetting regedit. Sehingga kita akan terhindar dari permasalahan fatal pada komputer.

Pengertian Registry Editor atau Regedit

Regedit merupakan kependekan dari Registry Editor. Sedangkan pengertian registry editor itu sendiri adalah sebuah tool yang terdapat pada sistem operasi Windows yang berguna untuk meneliti dan mengubah setting pada sistem registry. Lalu apa itu registry? Registry adalah sebuah database yang isinya adalah berupa informasi tentang bagaimana sebuah komputer dijalankan. Sistem operasi Windows menyimpan informasi konfigurasi tersebut pada sebuah database yang diorganisir dalam bentuk tree.

Setelah kita tahu bahwa registry editor atau regedit adalah tempat dimana Windows menyimpan database sistem kerja komputer maka dari itu kita harus berhati-hati ketika melakukan penyettingan pada sistem registry editor ini. Kesalahan pengaturan bisa menyebabkan komputer error atau bahkan mati total dikarenakan kerusakan pada sistem operasinya. Kemudian, bagaimana cara membuka regedit tersebut?

Baca Juga:

Cara Membuka Device Manager

Cara Membuka Task Manager

Cara Membuka Regedit

Untuk membuka regedit maka diperlukan perintah khusus pada command prompt. Ini merupakan cara tercepat dalam hal membuka regedit pada komputer berbasis Windows. Cara membuka regedit adalah buka Run (Windows+R pada keyboard) kemudian ketikan regedit dan tekan tombol OK. Maka Windows akan langsung menampilkan jendela Registry Editor. Di sanalah tempat Windows menyimpan semua database informasi sebuah komputer dijalankan. Berikut ini contoh tampilan regedit pada Windows 8.1.

contoh tampilan regedit

Struktur Registry Editor

Pada registry editor terdapat struktur yang berfungsi sebagai pengklasifikasian informasi database sebuah komputer. Struktur registry editor tersebut terdiri dari:

HKEY_CLASSES_ROOT

Berisi informasi asosiasi file dan data aplikasi Object Linking Embedding. Informasi yang ada pada HKEY_CLASSES_ROOT ini diambil dari subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes

HKEY_CURRENT_USER

Berisi tentang profil dari user yang saat itu sedang diaktifkan atau digunakan. Informasi pada subkey ini menyesuaikan dengan User yang aktif sehingga data yang ada akan berubah-ubah, data tersebut diambil dari HKEY_USERS\SID

HKEY_LOCAL_MACHINE

Berisi tentang informasi perangkat keras, perangkat lunak dan informasi keamanan lainnya. Subkey HKEY_LOCAL_MACHINE mencakup informasi yang bersifat penting yang biasanya digunakan yaitu berupa penyettingan untuk melakukan perbaikan apabila terjadi masalah pada komputer. Subkey ini juga memuat informasi pengaturan service dari sebuah komponen

HKEY_USERS

Berisi informasi default user profile (.DEFAULT) berikut satu profile dari user aktif yang disimpan di Securty Identifier (SID)

HKEY_CURRENT_CONFIG
Berisi informasi data konfigurasi yang saat itu sedang digunakan

Itulah gambaran global tentang struktur pada registry editor. Dari masing-masing struktur tersebut menyimpan beberapa subkey. Untuk lebih detail tentang cara konfigurasi registry yang aman kami anjurkan anda memiliki buku panduan. Hal ini sangat penting guna menghindari kesalahan konfigurasi yang bisa berakibat fatal pada komputer anda.

Cara Membuka Regedit dan Pengertian Registry Editor

Demikianlah informasi tentang pengertian registry editor dan cara membuka regedit atau registry editor. Ini hanya pengantar awal dari materi yang lebih advance dalam pengaturan konfigurasi registry editor. Semoga informasi cara membuka regedit ini dapat bermanfaat untuk anda, dan tetaplah untuk berhati-hati.

advertisement
tags: , ,

Komentari Cara Membuka Regedit dan Pengertian Registry Editor