Cara Membuka File ISO advertisement

Deskripsi File ISO

Cara Membuka File ISO dan Cara Membuat File ISO – Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali jenis tipe file digital saat ini. Tipe tipe file ini dihasilkan oleh sebuah aplikasi, dan untuk membuka file tersebut kita pun harus memiliki aplikasi pembuatnya, atau ada juga tipe file tertentu yang sudah didukung oleh banyak aplikasi. Salah satu contoh tipe file pada komputer yang populer digunakan hingga saat ini adalah file ISO. Kami yakin anda sudah pernah melihat jenis file ini, namun tidak ada salahnya sebelum menjelaskan bagaimana cara membuka file ISO dan cara membuat file ISO terlebih dahulu akan kami jelaskan apa itu file ISO.

Penjelasan File ISO

File ISO merupakan file standar yang berisi image file-file dalam sebuah CD secara keseluruhan. File ISO dibuat bertujuan untuk mempermudah mengakses penyimpanan data. Jika kita sudah menyalin semua isi file CD atau DVD kedalam bentuk file ISO maka kita tidak perlu lagi susah payah memasang CD kembali untuk membuka berkas data yang kita butuhkan. File ISO bisa disebut file virtual CD, dan untuk membukanya kita membutuhkan suatu aplikasi virtual CD/DVD terinstal pada komputer kita.

Pada artikel ini kami akan mengupas tuntas bagaimana cara membuka file ISO berikut dengan cara membuat file ISO dengan mudah. Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwa untuk membuka sebuah file ISO membutuhkan aplikasi yang bertugas sebagai virtual CD/DVD. Aplikasi ini bisa dengan mudah didapatkan di internet, baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Supaya lebih power full kami sarankan untuk menggunakan aplikasi yang berbayar, karena biasanya aplikasi yang berbayar selain dapat digunakan untuk membuka file ISO juga dapat digunakan untuk membuat file ISO dan proses burning pada CD/DVD. Berikut ini langkah-langkah membuka file ISO.

Cara Membuka File ISO

Yang kami jelaskan di sini adalah cara membuka file ISO pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Untuk cara membuka file ISO pada komputer dengan sistem operasi Linux akan kami jelaskan pada artikel berikutnya.

Cara Membuka File ISO Pada Windows 7 dan Windows 8

Perlu anda ketahui pada OS Windows 7 dan Windows 8 kita bisa membuka file ISO tanpa bantuan software lain. Pada Windows 7 dan Windows 8 kita bisa membuka file ISO seperti membuka folder. Proses membukanya double klik file ISO-nya, secara otomatis akan muncul drive baru berupa virtual drive yang terdapat pada menu samping di Windows Explorer kita. Setelah itu file-file yang terdapat pada file ISO tersebut bisa kita buka dan pegunakan.

Cara Membuka File ISO Menggunakan Bantuan Aplikasi

Jika anda menggunakan Windows lain, maka diharuskan untuk menginstal aplikasi pembuka file ISO. Di sini kami akan menjalaskan bagaimana cara membuka file ISO menggunakan aplikasi MagicISO. Berikut ini langkah-langkahnya:

Aplikasi yang kami gunakan untuk membuka file ISO bernama MagicISO. Aplikasi MagicISO memiliki lisensi Shareware, ini berarti aplikasi MagicISO bisa bebas untuk digunakan namun ada fitur-fiturnya dibatasi, dan untuk mengaktifkan semua fitur kita harus membeli aplikasi tersebut. Untuk mendapatkan aplikasi MagicISO silahkan kunjungi alamat Magic ISO Maker.

  • Instal aplikasi MagicISO pada komputer anda
  • Setelah aplikasi terinstal, secara otomatis file-file ISO bisa dibuka menggunakan aplikasi tersebut dengan cara klik 2 kali pada file ISO-nya.
  • File-file yang ada pada file ISO akan ditampilkan pada jendela aplikasi Magic ISO, atau bisa dimount sehingga pada Windows Explorer akan ditampilkan virtual drive berupa isi dari file ISO tersebut.

Selain untuk membuka file ISO, aplikasi MagicISO pun bisa digunakan untuk membuat file ISO dan burning file ke CD/DVD.

Cara Membuat File ISO

Jika kita ingin menyalin file-file pada CD/DVD menjadi sebuah file ISO berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masukkan kepingan CD/DVD pada komputer yang memiliki CD ROOM.
  • Jalankan aplikasi MagicISO, kemudian pilih menu Tools lalu pilih Make ISO from CD/DVD ROOM

Cara Membuat File ISO

  • Pada jendela yang muncul terdapat beberapa pilihan, CD/DVD-Driver: untuk menentukan lokasi kepingan CD/DVD, Output File: untuk menentukan lokasi penyimpanan file ISO yang dibuat, Output Format: jenis tipe image yang akan kita buaat, jika ingin membuat dengan format ISO maka pilih Standard ISO image file (.ISO) dan klik OK

Cara Membuat File ISO dari CD

  • Tunggu hingga proses selesai, maka file baru akan terbentuk dengan ekstensi .iso

Dengan membuat file ISO dari CD/DVD dapat bermanfaat untuk kita karena file-file yang mungkin sangat penting yang terdapat pada CD telah kita amankan. File di dalam CD/DVD sangat riskan jika digunakan untuk menyimpan data-data penting. Selain itu data-data yang dikompres dalam sebuah file berformat .iso lebih tahan akan serangan virus komputer.

Itulah langkah-langkah untuk membuka file ISO dan membuat file ISO, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan lupa bantu teman-teman anda yang mungkin sedang kesulitan mencari cara membuka file ISO dengan membagikan artikel ini kepada mereka melalui media sosial. Caranya klik tombol share yang ada di bagian bawah artikel ini.

Software untuk membuka file ISO di Windows

Nero 2017
Roxio Creator NXT Pro 5
Corel WinZip 21
ISO Master
PowerISO
Alcohol 120%
MagicISO MagicDisc
DT Soft DAEMON Tools
NeoSmart Technologies EasyBCD
7-Zip
VideoLAN VLC media player
WinRAR 5

Software untuk membuka file ISO di Mac

Apple Disk Utility
Roxio Toast 15
Parallels Desktop 12 for Mac
VMware Fusion 8.5
VideoLAN VLC media player

Software untuk membuka file ISO di Linux

Canonical Furius ISO Mount
VideoLAN VLC media player
ISO Master
Brasero
K3b

Software untuk membuka file ISO di Android

RARLAB RAR

advertisement