Cara Memasang 2 Buah Hard Disk Pada 1 Komputer

Monday, August 25th 2014. | Tutorial
Memasang 2 Hard Disk Pada 1 Komputer

Memasang 2 Hard Disk Pada 1 Komputer

advertisement

Cara Memasang 2 Buah Hard Disk Pada 1 Komputer – Ada pertanyaan, kenapa 2 buah hardisk yang dipasang pada satu PC hanya terbaca 1 buah?

Memasang 2 Hard Disk Pada 1 Komputer

Memasang 2 Hard Disk Pada 1 Komputer

Terkadang kita membutuhkan tambahan hard disk dikarenakan kapasitas hard disk terpasang tidak mencukupi atau sudah hampir penuh. Maka dibutuhkanlah hard disk tambahan sebagai solusi minimal, atau jika perlu membeli hard disk baru dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Berhubungan dengan pertanyaan di atas, banyak orang yang lebih memilih memasang hard disk tambahan, ini berarti memasang dua buah hard disk pada satu PC atau komputer.

Sering terjadi masalah ketika memasang hardisk, adakalanya hard disk yang terbaca hanya satu buah. Lalu bagaimana cara troubleshootingnya atau cara pemecahan masalahnya? Berikut kami akan jelaskan bagaimana cara memasang 2 buah hard disk pada 1 komputer, sekaligus solusi jika hard disk yang terpasang hanya terbaca satu buah saja.

Solusi Masalah Pemasangan 2 Buah Hard Disk pada Satu Komputer

1. Pastikan terlebih dahulu Posisi Masing-Masing Hard Disk

Jika anda memasang 2 buah hard disk pada satu komputer, maka diperlukan pemosisian yang benar. Hard Disk utama yang dipakai untuk sistem operasi harus disetting sebagai Master dan hard disk kedua sebagai penyimpanan data ada diposisi Slave (jika kedua hard disk yang dipasangkan adalah Hard Disk PATA).

Proses konfigurasinya adalah posisikan jumper pada hard disk sesuai dengan posisi labelnya. Posisikan jumper pada label Master untuk hard disk utama, dan pasangkan jumper pada label Slave pada hard disk Slave atau hard disk kedua.

2. Cek kabel data Hard Disk

Sering ditemukan adanya problem pada kabel data hard disk. Sebelum melangkah ke tahap pengecekkan hard disk, jika hard disk tidak terditeksi disarankan untuk mengecek kabel datanya terlebih dahulu. Ganti kabel data hard disk dengan kabel data lain. Atau pasangkan kabel data pada socket yang lain.

3. Pastikan Hard Disk tidak rusak

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan namun hardisk yang terpasang masih terditeksi hanya satu buah lakukan langkah pengecekkan pada hardisk yang tidak terbaca. Apakah hard disk tersebut masih baik atau malah sebaliknya. Pengecekkan bisa dilakukan dengan mengecek kondisi badsector atau lain sebagainya.

advertisement
tags: ,

Komentari Cara Memasang 2 Buah Hard Disk Pada 1 Komputer