Cara Cepat Migrasi Hosting CPanel Tanpa Upload

Friday, November 28th 2014. | Tutorial, Uncategorized
Cara Cepat Migrasi Hosting CPanel Tanpa Upload

Cara Cepat Migrasi Hosting CPanel Tanpa Upload

advertisement

Cara Cepat Migrasi Hosting CPanel Tanpa Upload – Perpindahan tempat hosting menjadi hal rutin bagin sebagian blogger atau pemilik website. Ada banyak alasan yang mengharuskan perpindahan hosting, diantaranya karena hosting lama kurang memuaskan, atau hosting lama memiliki kekurangan fitur dan lain sebagainya. Memindahkan file-file website dari satu hosting ke hosting lainnya memang bukanlah perkara sulit, namun berbeda ceritanya jika file website yang akan dipindahkan tersebut memiliki ukuran besar terlebih jika koneksi internet khususnya upload kita sangat terbatas. Hal ini tentu akan sangat merepotkan dan perpindahan website menjadi mengalami sedikit kendala. Permasalahan lainnya adalah ketika kita memiliki banyak website yang ingin dipindahkan, tentu ini akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Dilatarbelakangi permasalahan di atas kami tergugah untuk memberikan tips bagi anda sedang atau akan memindahkan file website dari hosting lama ke hosting baru. Perpindahan website ini lebih populer dengan istilah migrasi website. Inti dari artikel yang akan kami bagikan kali ini adalah cara migrasi hosting dengan cepat tanpa melakukan proses upload. Lalu bagaimana caranya jika tidak diupload? Bagaimana memindahkannya file-file websitenya? Baiklah, kami akan coba bahas secara lengkap cara cepat migrasi hosting CPanel Tanpa melakukan download dan upload.

Cara Cepat Migrasi Hosting CPanel Tanpa Upload

Oh iya, perlu diketahui sebelumnya, tutorial cara perpindahan website dengan cepat ini khusus untuk hosting berbasis CPanel. Namun tidak menutup kemungkinan pada hosting berbasis panel lainnya pun bisa dilakukan, dengan catatan memiliki fitur remote SSH. Kami memiliki 2 cara untuk memindahkan file website dari hosting CPanel lama ke hosting CPanel baru, kedua cara tersebut adalah sebagai berikut:
Cara Cepat Migrasi Hosting CPanel Tanpa Upload

Migrasi Website Menggunakan Fasilitas Remote SSH

Remote SSH adalah jenis protokol jaringan yang memungkinkan dilakukannya pertukaran data menggunakan saluran yang aman atara dua buah perangkat jaringan. Dengan menggunakan protokol SSH berarti kita bisa mengakses file-file hosting melalui sebuah shell dan dapat mengontrol penuh file-file tersebut. Remote SSH Hosting CPanel bisa dimanfaatkan untuk melakukan migrasi website tanpa harus melalui proses upload dan download. Jadi meskipun kapasitas internet di rumah kita tidak mumpuni untuk melakukan proses upload, dengan menggunakan cara ini migrasi server tidak menjadi suatu kendala, perpindahan website akan tetap berjalan dengan cepat dan mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke hosting lama, Compress semua file website yang akan dipindahkan ke dalam format .zip. Untuk mempermudah, lakukan proses compress di dalam folder masing-masing direkroti website. Misalnya kita akan memindahkan website mandalamaya.com, Masuk ke directori mandalamaya.com yang ada pada public_html. Seleksi semua file yang ada pada direktori mandalamaya.com kemudian klik kanan dan pilih Compress
    Cara Cepat Migrasi Hosting - Hosting 1
  2. Download SSH Client, kami menggunakan Putty. Download Putty
  3. Buka aplikasi Putty, pada kolom Host Name masukkan alamat IP Hosting (alamat IP Hosting biasanya didapat dari penyedia layanan hosting diberikan ketika proses pembelian), klik tombol Open
    Cara Cepat Migrasi Hosting - Putty 1
  4. Pertama kali login biasanya muncul form verifikasi, klik OK atau Yes. Lalu akan diminta memasukkan username dan password hosting (username dan password didapat dari penyedia layanan hosting diberikan ketika selesai proses pembelian)
  5. Sebelum memindahkan file website, tambahkan dulu addon Domain pada hosting baru.
    Cara Cepat Migrasi Hosting - Addon Domain
  6. Kembali lagi ke Remote SSH Putty, ketikkan perintah cd public_html/mandalamaya.com (sesuaikan dengan direktori website anda, direktori tersebut secara otomatis ada setelah proses pembuatan addon Domain.
  7. Kemudian ketikkan perintah: wget http://mandalamaya.com/mandalamaya.zip (Langkah ini adalah proses download file website yang telah dicompress ke dalam bentuk file zip, yang telah dilakukan pada tahap pertama.fwrite($fp, $content);
    Cara Cepat Migrasi Hosting - Putty 2
  8. Masuk kedalam direktori website pada CPanel Hosting baru, dalam contoh ini adalah direktori mandalamaya.com
  9. Di dalam direktori tersebut kita akan menemukan file bernama mandalamaya.zip, klik kanan pada file tersebut lalu pilih Extract. Proses ini adalah mengeluarkan semua file website yang terdapat pada file mandalamaya.zip. Jika proses Extract telah selesai, jangan lupa untuk menghapus kembali mandalamaya.zip
  10. Proses perpindahan file website telah selesai, dan tidak memakan waktu lama untuk proses perpindahannya. Untuk selanjutnya adalah memindahkan database. Untuk proses perpindahan database lakukan sebagaimana biasanya.

Migrasi Website Menggunakan Script PHP

Jika hosting CPanel baru anda tidak support remote SSH maka ada alternatif lain untuk memindahkan file website ke hosting baru dengan cepat. Cara ini menggunakan perintah PHP, langkahnya sebagai berikut:

  1. Kami asumsikan anda telah membuat backup file website ke dalam bentuk zip. (Ikuti langkah pembuatan file zip pada cara pertama di pertama di atas)
  2. Syarat untuk melakukan cara pepindahan website dengan cara ini, harus ada salah satu website yang sudah bisa diakses di hosting barunya. Misalnya kita ambil contoh website yang sudah aktif di hosting baru bernama orangsunda.com.
  3. Masuk ke dalam Hosting CPanel baru, buat file baru bernama upload.php di dalam direktori orangsunda.com dan masukkan kode di bawah ini:
     <?php
     //ambil file
     $content = file_get_contents("http://mandalamaya.com/mandalamaya.zip");
     //simpan di server hosting baru.
     $fp = fopen("/home/u85425xxxx/public_html/mandalamaya.com/mandalamaya.zip", "w");
     fwrite($fp, $content);
     fclose($fp); ?>
  4. Akses file upload.php dengan mengetikkan alamat http://orangsunda.com/upload.php di browser.
  5. Jika berhasil, di dalam direktori mandalamaya.com di hosting baru sudah tersimpan file bernama mandalamaya.zip
  6. Kelamahan dari cara kedua ini adalah terbatasnya file yang bisa diunduh, karena menggunakan perintah file_get_contents, namun jika anda mahir menggunakan bahasa pemrograman PHP bisa memodifikasi script di atas supaya lebih sempurna lagi.

Catatan: semua text yang menggunakan warna merah di atas, sesuaikan dengan akun atau domain anda masing-masing.

Itulah cara lengkap bagaimana memindahkan file website dengan mudah dan cepat tanpa harus melakukan proses upload dan download ke dalam komputer kita. Dengan menggunakan cara ini memindahkan file-file website dari hosting lama ke hosting baru hanya membutuhkan waktu yang singkat, tidak perlu lagi lama menunggu yang memakan banyak waktu.

Jika ada kekurangan dari tutorial ini kami mohon masukkannya, dan akhir kata semoga artikel tutorial Cara Cepat Migrasi Hosting CPanel Tanpa Upload dan bermanfaat untuk kita semua.

advertisement
tags:

Komentari Cara Cepat Migrasi Hosting CPanel Tanpa Upload