Bunyi Beep Pada Komputer

Saturday, September 27th 2014. | Tutorial
Bunyi Beep Pada Komputer

advertisement

Bunyi Beep Pada KomputerKomputer adalah perangkat pintar yang menjadi penopang segala macam pekerjaan manusia. Peranan komputer bagi manusia modern saat ini sangatlah besar. Oleh karena itu hampir setiap orang dari beragam kalangan mengandalkan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Macam Macam Bunyi Beep Pada Komputer

Bunyi Beep Pada KomputerKita selaku pengguna komputer sebaiknya tidak hanya bisa mengoperasikannya saja, dianjurkan kita juga harus dapat mengenali gejala-gejala pada komputer ketika bermasalah. Hal itu akan sangat membantu bagi pengguna guna menjaga kondisi komputer supaya tidak mengalami kerusakan yang berat.

Diantara permasalahan yang terjadi pada komputer salah satunya dapat diketahui dari bunyi beep yang keluar saat komputer dinyalakan. Ada beberapa macam bunyi beep pada komputer yang mengindikasikan pada suatu permasalahan tertentu. Setidaknya kurang lebih ada hingga 10 macam bunyi beep pada komputer, yang masing-masing memiliki indikasi pada permasalahan tertentu.

Berikut ini diantaranya beberapa jenis bunyi beep pada komputer:

Indikator Jenis Jenis Bunyi Beep Pada Komputer

  • 1 kali – bila terjadi bunyi beep pada komputer yang bemasalah maka dapat dipastikan komputer mengalami permasalahan pada DRAM, berupa komputer gagal refresh DRAM. Yang berarti pada saat itu komputer gagal mengakses memori.
  • 2 kali – Adanya kegagalan pada rangkaian parity yang disebabkan oleh adanya permasalahan pada motherboard atau memori komputer.
  • 3 kali – Secara umum permasalahannya sama dengan bunyi beep sebanyak 2 kali. Kegagalan tersebut kemungkinan disebabkan oleh adanya kerusakan pada chip pada modul slot memori, ini masih berhubungan juga dengan kemungkinan adanya kerusakan pada motherboard.
  • 4 kali – Bunyi ini muncul ketika adanya kesalahan pada system timer. System timer ini berfungsi sebagai pengontrol fungsi fungsi motherboard.
  • 5 kali – Terkadang ada juga komputer yang rusak mengeluarkan bunyi beep sebanyak 5 kali. Biasanya terjadi pada komputer yang mengalami kegagalan pada processor. Kegagalan processor ini bisa berbentuk overheat atau panas berlebih pada processor, dan bisa saja itu terjadi karena pemasangan processor yang tidak benar.
  • 6 kali – Bunyi jenis ini terjadi karena adanya kegagalan pada keyboard controller.
  • 7 kali – Bunyi beep sebanyak 7 kali biasanya karena adanya kesalahan pada processor.
  • 8 kali – Kadang ada juga komputer yang mengeluarkan bunyi 8 kali, itu berarti komputer mengalami masalah pada baca dan tulis memori display.
  • 9 kali – Bunyi sebanyak 9 kali muncul karena adanya kerusakan pada sistem BIOS.
  • 10 kali – Bahkan ada juga komputer yang mengeluarkan bunyi hingga 10 kali, itu akibat dari kesalahan pada sektor CMOS.
  • 11 kali – Jika yang terjadi pada komputer mengeluarkan bunyi hingga 11 kali itu berarti komputer sedang mengalami permasalahan pada cache memori.

Itulah macam macam bunyi beep pada komputer yang bermasalah. Macam macam bunyi beep tersebut bisa saja berbeda pada tiap jenis komputer. Namun kebanyakan macam macam bunyi beep tersebut terjadi pada komputer pada umumnya. Jika anda sudah mengetahui kemungkinan permasalahannya maka anda bisa dengan cepat menentukan langkah apa yang akan diambil untuk memperbaiki komputer yang bermasalah tersebut.

Semoga informasi jenis jenis bunyi beep pada komputer ini bermanfaat untuk kita semua, dan mampu meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi pada komputer. Kami sarankan anda berkonsultasi dengan teknisi terlebih dahulu sebelum menentukan keputusan yang akan anda ambil guna memperbaiki komputer yang rusak tersebut.

Macam Macam Bunyi Beep Pada Komputer

advertisement
tags: ,

Komentari Bunyi Beep Pada Komputer